Jumlah Penderita Kusta Menurun

0
191

KOTABUMI-Hingga akhir bulan Oktober 2017 jumlah penderita penyakit Kusta di Kabupaten Lampung Utara(Lampura) menurun.Dimana jika pada tahun 2016 lalu penderita kusta mencapai 16 orang, kini hanya tercatat sebanyak 7 orang.

Kepala Seksi(Kasi) Pengendalian Penyakit Menular(P2M) M. Yusuf mewakili Kepala Dinas Kesehatan Lampura Hj. Maya Metissa mengatakan, tujuh orang penderita penyakit Kusta itu yakni dua berasal dari Kecamatan Abung Timur, dua dari Kecamatan Bunga Mayang, dua dari Kecamatan Abung Tinggi serta Kecamatan Blambangan Pagar dan Bukit Kemuning satu orang.? “Mereka terdata mulai dari bulan Maret hingga Oktober 2017,”jelas M. Yusuf kepada Awak Media,Selasa (7/11).
Diterangkannya, penyakit kusta tersebut disebabkan oleh bakteri Mycobacerium leprae yang bisa ditularkan melalui kontak langsung dan melalui udara dari penderita.
Biasanya, gejala yang akan muncul akibat tertularnya bakteri tersebut meliputi munculnya bercak ditubuh mirip panu, hingga mati rasa.”Mereka terkadang menyepelekan. Namun, sebenarnya harus ditangani serius. Dan masyarakat harus memahami gejala ini,”terangnya.(ria)

Selengkapnya baca edisi cetak 8 November 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here