Harga Ayam Potong Tembus Rp 8000 Perkg

0
97
Foto RIA Tini Pedagang Ayam Potong di Pasar Sentral Kotabumi saat menunggu pembeli, Kamis (19/7).

KOTABUMI–Naiknya harga Ayam Potong membuat para pedagang dan pembeli mengeluh.Pasalnya Pasca Hari Raya Idul Fitri lalu harga ayam potong terus mengalami kenaikan hingga menembus level Rp 8000 perkg.

Diharga normal ayam potong Perkgnya dijual dengan harga Rp 19.000 Perkg saat mengalami kenaikan saat ini harga ayam potong Perkg dijual dengan harga Rp 27.000 Perkg.”Nggak pernah yang naik sampai Rp 8000 Perkg. Paling mahal Rp 5000 perkg naiknya, ini saja belum lebaran Idul Adha, apalagi menjelang lebaran nanti kemungkinan akan naik lagi,”keluh Tini(47) salah satu pedagang Ayam Potong di Pasar Sentral Kotabumi, Kamis (19/7).

Dijelaskannya, untuk ayam potong yang sudah mati dan dibersihkan dengan ukuran kecil lebih dari 1 kg dijual dengan harga Rp 35 Ribu per ekor. Sementara untuk ukuran sedang Rp 45 hingga Rp 50 Ribu per ekor dan untuk ukuran ayam yang beratnya hampir 2kg itu dijual mulai dari Rp 55 Ribu hingga Rp 60 Ribu per ekor.

Naiknya harga ayam ini membuat Konsumen lebih memilih untuk membeli ikan dibanding membeli ayam.

Saat ini dalam sehari ia mampu menjual ayam potong mulai dari 40 hingga 50 ekor.”Ayam-ayam ini biasanya dibeli oleh para pedagang Bakso dan pemilik Rumah Makan. Kalau penjualannya memang masih normal karena saya kan punya langganan setiap harinya. Namun untuk hari libur memang omsetnya turun, biasanya pegawa-pegawai itu pada beli ayam ini enggak,”jelasnya.(ria)

Selengkapnya, baca edisi cetak 20 Juli 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here