DPMPTSP Klaim Seluruh Bangunan Komersil Berizin

29
Foto cw9 Caption : Dinas Penanaman Modal Dan Pelayananan Terpadu Satu Pintu (DPMPSTP) Kabupaten Lampung Utara, Sri Mulyana saat diwawancarai Radar Kotabumi terkait izin bangunan komersil.

KOTABUMI — Dinas Penanaman Modal Dan Pelayananan Terpadu Satu Pintu (DPMPSTP) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) mengklaim bahwa sampai saat ini tidak ada satupun bangunan komersil di wilayah kabupaten setempat, yang tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) ataupun legalitas hukum resmi lainnya. Demikian dikatakan Sri Mulyana, Kepala DPMPTSP, Senin (12/8).

Dikatakannya, berdasarkan hasil pantauan dan pengawasan yang langsung dilakukan oleh tim DPMPTSP ke lapangan, sampai sejauh ini masih belum ditemui adanya laporan yang masuk mengenai persoalan bangungan komersil yang tak memiliki IMB. Sri Mulyana menambahkan, bahwa disetiap proses awal pembangunan gedung yang sifatnya akan dipergunakan untuk bangunan komersil, seperti ketentuan berlaku, dari awal pihak pemilik wajib mengurus berkas untuk mengajukan proses pembuatan izin kepada pihak perizinan.
“Hasil pantauan kita, sampai saat ini tidak ada bangunan komersil yang tak berizin. Karena dari awal pihak pemilik akan mengurus dokumen perizinan, terlebih bangunan yang akan digunakan untuk kegiatan usaha,” ujarnya.

Menurutnya, pihaknya juga telah menyampaikan pemberitahuan kepada para camat di kabupaten setempat, agar dapat membantu melaporkan bila nantinya ada pembangunan gedung baru untuk dipergunakan sebagai bangunan komersil di wilayah kecamatan masing-masing. Yang dalam hal ini tidak diketahui oleh pihak DPMPTSP, diharapkan pihak kecamatan bisa segera melaporkan hal tersebut.

“Kita juga sudah sampaikan pemberitahuan ke sejumlah camat, agar bisa membantu kita untuk melaporkan bila di wilayah yang mereka pimpin ada pembangunan gedung baru untuk usaha komersil dan tidak diketahui oleh pihak kita,” katanya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here