15 Kelurahan di Lampura Segera Dapatkan DK

14

KOTABUMI — 15 Kelurahan di Kabupaten Lampung Utara(Lampura) segera mendapatkan dana kelurahan(DK) yang akan digelontorkan pemerintah pusat. Pencairan DK tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Kasubid Verifikasi dan Pengeluaran KAS Perbendaharaaan BPKAD Lampura Ashabul Yamin Hakim mengungkapkan, meskipun pihak kecamatan selaku kuasa pengguna anggaran(KPA) dalam berbagai kegiatan dana kelurahan(DK), namun sifatnya hanya sebatas mengawasi dan mengkoordinir.

Sedangkan dalam hal pengajuan usulan dan pencairan serta pengelolaan DK langsung di bawah kewenangan kelurahan.‚ÄĚDana kelurahan itu nantinya langsung kita salurkan masing-masing kelurahan. Pihak kecamatan sifatnya hanya mengkoordinir dan mengawasi,”terangnya.

Disinggung jadwal pasti proses pencairan DK, Hakim mengungkapkan pencairan dimungkinkan dalam beberapa hari ke depan. Mengingat sesuai rencana pencairan akan mulai dilaksanakan paling lambat 15 Agustus 2019 ke masing-masing kelurahan.” Insya Allah kalau tidak ada halangan satu dua hari ini, bisa kita lakukan pencairan. Sesuai rencana mulai kita salurkan paling lambat 15 Agustus tahun ini,”ungkapnya.

Mengenai nilai pagu anggaran untuk masing-masing kelurahan, lanjut dia, nilainya bervariasi dan disesuaikan dengan luas wilayah, jumlah penduduk setiap kelurahan. Proses pencairan dilakukan dalam dua tahap, masing-masing nilainya sebesar 50 persen dari nilai pagu keseluruhan anggaran.” Misalnya satu kelurahan mendapatkan DK Rp 300 juta, maka untuk tahap pertama pencairan sebesar Rp 150 juta,” imbuhnya.(cw9/rid)

Selengkapnya, baca edisi cetak 15 Agustus 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here