Ketersediaan Pangan di Lampura Aman

18

KOTABUMI — Meski musim kemarau diprediksi hingga September 2019, dan tingkat curah hujan baru akan normal di bulan Oktober nanti, Dinas Ketahanan Pangan(DKP) Lampung Utara (Lampura) memastikan ketersediaan stok beras masih dalam kondisi aman.”Kalau ketersediaan pangan kita masih aman,”ujar Sekretaris DKP Lampura Dahlia, di ruang kerjanya, Rabu (28/8).

Menurutnya, jumlah ketersediaan bahan pangan khususnya beras, tercatat sebanyak 7.036 ton. Sementara untuk kebutuhan Lampura sendiri diketahui sebesar 4.367 ton.”Jika mengacu angka tersebut, tentunya untuk sementara kita masih dalam keadaan aman, bahkan bisa dikatakan surplus sebesar 2.069 ton sampai dengan bulan Agustus ini,”katanya.

Masih kata Dahlia, memang pihaknya sedikit khawatir mengingat faktor cuaca yang masih dalam kondisi kemarau, belum lagi saluran irigasi di waduk Wayrarem tengah dalam perbaikan yang dipastikan dapat mempengaruhi produktivitas para petani beras.”Meski begitu, potensi ancaman gagal panen atau hal lain yang menggangu hasil pertanian bukan hanya terjadi di Lampura saja. Hampir seluruh wilayah kabupaten/kota di Provinsi Lampung saat ini tengah mengalami hal serupa,”tandasnya.(cw9/rid)

Selengkapnya, baca edisi cetak 29 Agustus 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here