Menu

Mode Gelap
Wartawan AJNN Aceh Dilaporkan ke Polisi, Ini Sikap Tegas PJS Perhimpunan Jurnalis Siber Provinsi Lampung Resmi Dibentuk P3K Bakal Tak Diusulkan Lagi Pelajar SDN Handuyangratu Masih Belajar di Eks Balai Desa Disdikbud Persiapkan SDM Dalam Era Pembelajaran Digital

Headline · 3 Sep 2019 23:27 WIB ·

Terkendala Rujukan, BPS Lampura Belum Menghitung Angka Inflasi


 Terkendala Rujukan, BPS Lampura Belum Menghitung Angka Inflasi Perbesar

KOTABUMI – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) sampai saat ini belum melakukan perhitungan angka inflasi di Kabupaten setempat. Pasalnya, untuk melakukan perhitungan tersebut dibutuhkan rujukan angka dari wilayah perkotaan agar bisa dijadikan dasar acuan.

”Pada prinsipnya, angka inflasi hanya dihitung di wilayah perkotaan. Khusus di Provinsi Lampung ini, ada dua wilayah perkotaan yakni Kota Metro dan Kota Bandarlampung,” ujar Kasi Distribusi BPS Lampura, Andika Nur Budiharto, kepada Radar Kotabumi, di ruang kerjanya Selasa (3/9).

Menurutnya, untuk melakukan penghitungan angka inflasi, pihaknya harus terlebih berkonsultasi dengan provinsi guna menetapkan kota mana saja yang akan dijadikan dasar acuan rujukan angka untuk dilakukan penghitungan.

Sejauh ini, lanjut Andika, pihaknya juga belum dapat melakukan penghitungan angka inflasi untuk wilayah Lampura, lantaran berdasarkan survey sementara sebaran sampel komoditas harga bahan makanan dan barang lainnya belum cukup banyak.

Meskipun demikian, lanjut Andika, pihaknya kini sedang dalam tahap mengkaji, dan melakukan penelitian terkait berbagai komoditas yang ada di Lampura. Dalam rangka menentukan kota yang akan dijadikan rujukan, apakah lebih dekat ke Kota Metro atau Kota Bandarlampung.”Oleh sebab itu, sampai saat ini, angka inflasi di Lampung Utara belum dapat dilakukan perhitungan. Butuh penelitan dan kajian yang lebih mendalam untuk menghasilkan keakuratan data,”terangnya.(cw9/rid)

Selengkapnya, baca edisi cetak 4 September 2019

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Alfamart Berbagi, Siapkan Paket Buka Puasa Gratis Untuk Duafa

28 Maret 2024 - 14:03 WIB

Tujuh Camat di Lampura Tempati Posisi Baru, Siap Laksanakan Tugas

27 Maret 2024 - 15:50 WIB

Fokus Kawal Pilkada, Aswarodi Juga Akan Pacu Kinerja Kepala OPD

26 Maret 2024 - 13:25 WIB

Besok PJ Bupati Aswarodi Diterima di Kabupaten Lampura

25 Maret 2024 - 12:08 WIB

Bahas Pelaksanaan HUT, Ini Tiga Agenda Besar PJS

24 Maret 2024 - 19:26 WIB

Buka Puasa Bersama Pemuda Pancasila, Wabup Ardian Saputra Pamit Jelang Akhir Masa Jabatan

21 Maret 2024 - 22:44 WIB

Trending di Headline