Gelar Aksi, Sisakan Sampah Berserakan

41
Foto : Pranata Riano Caption : Sisa-sisa sampah berupa botol minuman sejumlah poster tampak menghiasi halaman kantor Pemkab Lampura sesaat selesainya aksi digelar, Senin (2/12).

KOTABUMI— Aksi massa yang dilakukan perangkat desa dalam menyuarakan aspirasi tunggakan Anggaran Dana Desa (ADD) 2019 yang belum terbayar, dinodai oleh kurangnya tingkat kesadaran peserta aksi akan pentingnya kebersihan lingkungkan. Terbukti dengan banyaknya tumpukan sampah yang berserakan setelah aksi yang digelar di Halaman Perkantoran Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Lampung Utara(Lampura), Senin (2/12).

Bagaimana tidak, sampah-sampah yang kebanyakan bekas botol minuman hingga puntung rokok. Termasuk alat peraga unjuk rasa, seperti poster dan selebaran berisi tuntutan aksi. Nampak dibiarkan begitu saja di atas rerumputan, bahkan hingga seputaran jalan yang ada halaman gedung sekretariat Pemkab setempat. Sejumlah peserta aksi terlihat begitu saja meninggalkan dan membuang sisa-sisa sampah sesaat aksi usai digelar.

“ Biar aja, nanti juga ada petugas yang beresin. Mereka juga kan ada tugasnya, biar aja mereka yang bersihin,” celetuk seorang peserta aksi kepada temannya, seraya berlalu.

Tak bisa dipungkiri, disekitar lokasi aksi memang tampak tak begitu banyak tempat sampah yang tersedia. Hal itu seakan menambah “kebebasan” para peserta aksi untuk membuang sampah dimana mereka sukai. Meski begitu, ada pula segelintir peserta aksi yang peduli membersihkan sisa-sisa sampah yang berserakan di sekitarnya, namun jumlahnya pun bisa dihitung dengan jari.

“ Pastinya tidak langsung bisa kami bersihkan semua bang, repot juga kalau hanya kami yang beresin. Itu peserta yang lain aja langsung pada pulang,” ucap peserta aksi yang enggan disebutkan namanya.(ano/rid)

Selengkapnya, baca edisi cetak 3 Desember 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here