Sepekan ke Depan, Hujan Masih Normal

24
Foto : Pranata Riano Caption : Agung Setyadi, Pegamat Muda Geofisika (PMG) BMKG saat dijumpai Radar Kotabumi, Selasa (14/1).

KOTABUMI — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika(BMKG) Kotabumi memprediksi intesinsitas curah hujan dalam sepekan ke Depan sebagian besar wilayah Kabupaten Lampung Utara(Lampura) masih dalam kategori menengah. Dengan demikian, prakiraan curah hujan masih terbilang normal.

”Pada umumnya untuk wilayah lampung kondisi hujan masih normal, berdasarkan prakiraan kita, intesitas hujan hingga sepekan ke depan masuk dalam kategori menengah,” kata Agung Setyadi, Pegamat Muda Geofisika (PMG) BMKG Kepada Radar Kotabumi, Selasa (14/1).

Menurutnya, berdasarkan pergerakan awan di Lampura untuk potensi angin kencang di wilayah setempat sudah mulai berkurang. Demikian juga kecenderungannya intensitas hujan yang masih berada diangka 50 – 150 milimeter.

Namun demikian, BMKG menghimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi bencana seperti banjir yang kerap terjadi di wilayah kabupaten setempat.”Hal yang mesti diperhatikan yakni debit air dan potensi angin kencang yang biasa terjadi disore hari. Apalagi untuk wilayah yang kerap menjadi langganan banjir setiap musim penghujan,”katanya.

Selain itu, tambahnya, masyarakat diharapkan dapat lebih memperhatikan kebersihan lingkungan di sekitar saluran-saluran air. Mengingat faktor kebersihan menjadi salah satu pemicu tersumbatnya saluran air.”Kebersihan lingkungan juga mesti diperhatikan. Seperti kotoran sampah yang dapat menyebabkan saluran air jadi tersumbat,” ucapnya.

Masih kata dia, memasuki musim penghujan seperti saat ini, tidak menutup kemungkinan terpaan angin kencang dapat menyebabkan tumbangnya pepohohan yang dapat terjadi sewaktu-waktu.”Untuk itu, masyarakat dihimbau lebih waspada dengan memperhatikan pohon-pohon di sekitar tempat tinggal, dengan memangkas ranting dan cabang pohon yang berpotensi membahayakan bila terkena angin kencang,” pungkasnya.(ano/rid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here