Soal Banjir, Warga Jangan Buang Sampah Sembarangan

37

KOTABUMI – Kondisi cuaca saat ini tengah masuk dalam musim penghujan, untuk itu Camat Kotabumi Selatan Sarihusin tak henti-hentinya mengingatkan masyarakatnya agar senantiasa waspada dan siaga. Kewaspadaan ini dapat dimulai dengan menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat yakni menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah secara sembarangan.

“Kita harus siaga dan waspada terhadap banjir. Di Kecamatan kita ada dua Kelurahan yang sering terkena banjir, yakni Kelurahan Kelapa Tujuh, dan Kelurahan Kota Alam”jelas Sarihusin, Senin (20/1).

Biasanya saat musim penghujan seperti saat ini, sambung Sarihusin, pihaknya bersama tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) dan Pemkab Lampura turun ke lokasi rawan banjir.”Akan kita lihat saluran-saluran air yang sering menyebabkan banjir. Jika ada penumpukan sampah, BPBD akan bekerjasama dengan pihak terkait untuk melakukan pengerukan,”tambahnya.

Tak hanya itu, lanjut Sarihusin, pihaknya juga selalu memberikan arahan kepada Lurah/Kepala Desa(Kades) agar menggalakkan kegiatan jumat bersih.
Baik di tingkat RT, LK hingga Kelurahan dan Desa.”Jumat bersih ini sangat penting.

Masyarakat bisa bergotong royong membersihkan sampah dialiran air.
Insyaallah jika saluran air tidak tersumbat banjir akan berkurang,”himbaunya.

Kesadaran masyarakat, sambungnya, memang masih minim. Untuk itu dihimbau kepada warga untuk tidak membuang sampah ke sungai. Pihaknya juga akan siap terjun ke lapangan membantu warga jika bencana banjir melanda.”Seperti tahun lalu, tidak hanya siang saja kita turun ke lokasi tetapi malam juga. Untuk itu mari bersama kita giatkan Jumat bersih untuk menjaga lingkungan kita,”ajaknya.(ria/rid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here