Pekurun Udik Menuju ODF, Akses Sanitasi Diperbaiki

26
caption : Kegiatan verifikasi terhadap 42 kepala keluarga(KK) oleh Dinas Kesehatan Lampura di desa Pekurun Udik, Rabu (10/2)

ABUNG PEKURUN – Desa Pekurun Udik Kecamatan Abung Pekurun, menjadi salah satu desa yang akan memperoleh status Open Defecation Free(ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan. ODF adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, sehingga tidak berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

Bahkan Rabu (10/2) Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan(Dinkes) Lampura Titin Eka Sugiantini, M.Kes bersama anggotanya yakni Hilman, Desi Tantri Istiani, Sri Puji Astuti, Eva Karmila Sari., M.Kes., datang ke balai desa setempat untuk melakukan verifikasi terhadap 42 kepala keluarga(KK).

Kedatangan tim verifikasi tersebut, disambut langsung Kepala Puskesmas Abung Pekurun, camat Abung Pekurun Bauhari, Babinsa Pekurun Udik Serda Suharyadi, Kades Pekurun Udik Amar Ma’ruf, sejumlah perangkat desa, BPD, TP PKK, Kader Posyandu Desa Pekurun Udik.

Kades Pekurun Udik, Amar Ma’ruf mengatakan, kedatangan tim verifikasi ODF tersebut untuk melihat secara langsung kelayakan akses sanitasi/toilet masyarakat desa setempat.”Dari 42 KK yang dilakukan pemantauan, ditemukan 4 KK yang perlu dilakukan pembenahan akses sanitasinya. Namun ke depannya akan dilakukan perbaikan dan dipastikan pada verifikasi selanjutnya akan kita dituntaskan,”ujarnya.

Camat Abung Pekurun Bauhari mengapresiasi Desa Pekurun Udik menjadi percontohan dalam program Open Defecation Free(ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan tersebut.

” Saya juga meminta kepada seluruh perangkat desa untuk mengedukasi masyarakat agar tetap menjaga kebersihan lingkungannya dan senantiasa untuk hidup bersih dan sehat,”pungkasnya.(cw-ama/rid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here