Tim Lomba Desa Sambangi Lampura Desa Ogan Lima Sajikan Berbagai Keunggulan

34
Kepala DPMD Lampung Hi. Syaiful Dermawan, didampingi PJ. Sekda Lampura Hi. Sofyan, saat meninjau sejumlah Unit Peningkatan Pendapatan Keluarga(UP2K) dalam kegiatan penilaian Lomba Desa di kantor Kecamatan Abung Barat, Selasa(30/4). Foto Riduan/Radar Kotabumi

ABUNG BARAT—Tim penilaian lomba desa Provinsi Lampung menyambangi Desa Oganlima Kecamatan Abung Barat, Kabupaten Lampung Utara(Lampura), Selasa(30/4).

Kedatangan tim yang dipimpin kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa(DPMD) Provinsi Lampung Hi. Syaiful Dermawan itu, disambut penjabat(Pj) Sekretaris Kabupaten(Sekkab) Lampura Hi. Sofyan, didampingi Wakil Ketua TP PKK Lampura Hj. Nur Endah Sulastri Budi beserta jajaran forkopimda dan ratusan masyarakat desa setempat.

Dalam sambutannya Sofyan menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim penilai lomba desa berprestasi. Dia berharap Desa Oganlima menjadi desa terbaik yang nantinya dapat mewakili provinsi Lampung dalam event lomba desa tingkat nasional.

Menurut Sofyan, desa yang maju dapat dimaknai sebagai transformasi atau perubahan menuju kehidupan dan penghidupan desa yang lebih baik dengan salah satu tolak ukurnya adalah ketersediaan sarana dan prasarana desa yang lebih baik.”Selain itu, pelayanan mendasar juga menjadi lebih baik, melek informasi teknologi, pertumbuhan ekonomi yang menguat, kualitas hidup masyarakat yang kian meningkat, dan lain sebagainya,”ujarnya saat menyampaikan sambutan bupati Hi. Agung Ilmu Mangkunegara.

Sofyan juga mengatakan, jika dibandingkan masa sebelumnya, dimulainya pembangunan dari pedesaan mengakibatkan pembangunan kian merata dan sejumlah sektor telah mengalami kemajuan.”Seperti perbaikan dan pembangunan jalan, jembatan, irigasi, fasilitas pendidikan dan kesehatan, serta perkantoran, telah mengubah wajah desa menjadi lebih maju,”paparnya.

Terkait dengan lomba desa, lanjut Sekda, pihaknya menilai Desa Oganlima Kecamatan Abung Barata, merupakan salah satu desa yang dinilai telah maju dalam wilayah Lampura.”Ada sejumlah keunggulan desa oganlima dengan desa lainnya yakni meliputi bidang pemerintahan desa, kewilayahan, dan bidang kemasyarakat desa,”paparnya.

Dengan berbagai keunggulan dan potensi yang ada saat ini, lanjut Sekda, maka diyakini dan optimis Desa Oganlima akan terpilih menjadi yang terbaik di provinsi lampung, bahkan menjadi terbaik untuk tingkat regional sumatra.”Mudah-mudahan desa oganlima menjadi yang terbaik dan mampu mewakili provinsi lampung ke tingkat nasional,”harapnya.

Sementara, Kepala DPMD Provinsi Lampung Hi. Syaiful Dermawan menyampaikan sambutan Gubernur HM. Ridho Ficardo, M.Si menyatakan, lomba desa yang dilaksanakan merupakan bagian dari kegiatan evaluasi pemerintah terhadap kemajuan suatu desa/kelurahan.”Evaluasi dilakukan untuk mengetahui, infrastruktur pembangunan desa/kelurahan. Sesuai kepercayaaan penuh pemerintah dalam pengelolaan keuangan desa, untuk mengetahui sejauh mana perkembangan pembangunan, sehingga diperlukan evaluasi,”kata dia.
Dia juga menjelaskan, ada sebanyak 69 indikator penilaian yang dilakukan dalam lomba desa sebagai tolah ukur epektifitas  pembangunan di desa.”Pembangunan dilakukan dengan sebelumnya menyusun perencanaan yang paritiatif dalam rangka menempatkan  masyarakat sebagai subjek dalam pembangunan,”pungkasnya.

Usai seremoni pembukaan, tim dibagi menjadi dua untuk menilai lomba desa di Desa Oganlima Kecamatan Abung barat, dan lomba Badan Usaha Milik Desa(BUMDes) yang dipusatkan di Desa Wayisom, Kecamatan Sungkai Barat.

Berdasarkan pantauan di lokasi, kepala  DPMD Lampung Hi. Syaiful Dermawan didampingi Pj. Sekda Hi. Sofyan juga meninjau Unit Peningkatan Pendapatan Keluarga(UP2K) yang menyajikan berbagai produk usaha rumahan dari 14 desa yang ada di Kecamatan Abung barat.(rid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here