Menu

Mode Gelap
Wartawan AJNN Aceh Dilaporkan ke Polisi, Ini Sikap Tegas PJS Perhimpunan Jurnalis Siber Provinsi Lampung Resmi Dibentuk P3K Bakal Tak Diusulkan Lagi Pelajar SDN Handuyangratu Masih Belajar di Eks Balai Desa Disdikbud Persiapkan SDM Dalam Era Pembelajaran Digital

Birokrasi · 11 Okt 2023 22:53 WIB ·

Bawaslu Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif di MAN 1 Lampura


 Anggota Bawaslu Lampura Mad Akhir, saat menjadi pemateri  pengawasan partisipatif bagi pemilih pemula di Aula MAN 1 Lampura, Rabu 11 OKtober 2023. Foto IST ---- Perbesar

Anggota Bawaslu Lampura Mad Akhir, saat menjadi pemateri pengawasan partisipatif bagi pemilih pemula di Aula MAN 1 Lampura, Rabu 11 OKtober 2023. Foto IST ----

KOTABUMI – Dalam upaya peningkatan partisipasi pemilih pemula di Kabupaten Lampung Utara(Lampura), Badan Pengawas Pemilu(Bawaslu) Setempat menggelar program Goes To School di wilayah kerjanya.

Program Goes To School, yakni menyambangi sekolah – sekolah khususnya tingkat SMA/Sederajat guna memberikan pemahaman dalam bentuk sosialisasi pengawasan partisipatif terkait pelaksanaan Pemilihan Umum(Pemilu) yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang. Karenanya, program sosialisasi partisipatif Goes To School itu mulai dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri(MAN) 1 Lampura, Rabu(11/10).

“Target kita dalam sosialisasi ini, untuk pelajar siswa/siswi yang sudah berusia 17 tahun ke atas, saat pelaksanaan pemungutan suara yakni pada 14 Februari 2024 mendatang,” ujar Komisioner Bawaslu Lampura Mad Akhir didampingi Angga Santoso, mewakili Ketua Putri Intan Sari.

Dikatakan, Bawaslu adalah Lembaga Penyelenggara Pemilu yang bersifat nasional, tetap, dan mandiri dalam melaksanakan Pemilu. Salah satu tugas Bawaslu adalah memastikan pelaksanaan pemilu berlangsung dengan baik dan terlaksana berdasarkan azas dan prinsip pelaksanaan pemilu yaitu Langsung Umum Bebas dan Rahasia (Luber) serta Jujur dan Adil (Jurdil).

Karena itu lanjut Mad Akhir, Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dapat menjadi sarana Bawaslu dalam memberikan pemahaman terkait Informasi Pemilu atau Pemilihan kepada Pemilih.”Ini menjadi penting dalam rangka meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kesadaran Masyarakat dalam melakukan pengawasan pada penyelenggaraan Pemilu dan/atau Pemilihan,”katanya.
Lebih lanjut, Mad Akhir menambahkan bahwa pemilih pemula merupakan salah satu sasaran dalam sosialisai ini karena selain jumlahnya yang besar, pemilih pemula baru pertamakali memilih sehingga perlu diberi arahan yang baik sehingga dapat membuka wawasan terkait pelaksanaan pemilu di Negara Indonesia.

“Seperti diketahui bersama bahwa Pemilu adalah sarana kedaulatan rakyat untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR RI, Anggota DPD RI, Anggota DPRD Provinsi serta Anggota DPRD Kabupaten/Kota,”imbuhnya.
Sementara itu, Kepala MAN 1 Lampura, Masir Ibrahim, M.Pd, mengapresiasi langkah sosialisasi sekaligus pembinaan terhadap peserta didik di MAN setempat.

“Kita berharap dengan sosialisasi ini para siswa dapat mengetahui bagaimana tahapan dalam pemilu. Selain itu, siswa juga dapat membedakan kegiatan mana yang rawan akan politik uang dan pelanggaran lainya. Intinya pengawasan sedini mungkin dapat kita laksanakan pasca pelaksanaan sosilisasi ini,” tutup Masir. (rls/rid)

Artikel ini telah dibaca 101 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

28 KPM Desa Ajikagungan, Dapat BLT – DD

14 Juni 2024 - 12:35 WIB

Pastikan Isi Gas Sesuai Volume, TPID dan Forkopimda Turun Langsung

13 Juni 2024 - 15:40 WIB

Kades Ajikagungan Buktikan Pembangunan Buat Rakyat

13 Juni 2024 - 15:38 WIB

Peringati Hari Bhayangkara, Polres Lampura Gelar Khitanan Gratis Bagi Masyarakat

11 Juni 2024 - 21:58 WIB

28 DPD PJS Siap Sukseskan Program Kompetisi Jurnalis Kebangsaan 2024

10 Juni 2024 - 21:44 WIB

Hendri Pantau Penyaluran 20.720 Tabung Elpiji Melon

10 Juni 2024 - 13:21 WIB

Trending di Headline