Puasa Ramadan Wajib Bagi Kaum Muslimin

12

Oleh : AKBP Budiman Sulaksono
(Kapolres Lampung Utara)

Assalamualaikum Wr. Wb

Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim yang telah baligh dan memenuhi syarat baik syarat syah ataupun syarat wajib. Dan, barang siapa tidak menjalankan maka hukumnya berdosa dan wajib menggantinya di lain waktu serta wajib juga untuk membayar fidyah.
Banyak hal positif yang bisa diperoleh dari ibadah menjalankan puasa. Hikmah Ramadhan tidak hanya bagi umat Islam yang menjalankannya, melainkan juga menyebar ke sesama manusia dan semesta alam.
Bulan Ramadan memang bulan istimewa. Dalam bulan tersebut banyak sekali anugerah yang diberikan Allah SWT kepada umat yang menunaikan puasa. Pahala yang diberikan Allah juga maha besar.
Puasa Ramadhan banyak dijadikan momen baik untuk memperbaiki banyak hal. Mulai dari memperbaiki gaya hidup yang lebih sehat, meningkatkan kualitas ibadah, hingga menjadi momentum bagi kita untuk mengoreksi dan memperbaiki diri. Ya, hikmah Ramadan mengajarkan kita pada banyak hal, terutama dalam hal perbaikan diri.
Puasa yang baik akan menciptakan sikap perilaku yang baik dalam keseharian kita beraktifitas. Ketika pasca puasa Ramadan, sikap prilaku dalam keluarga, dalam lingkungan kerja, dan lingkungan masyarakat masih belum baik maka perlu dipertanyakan hakekat puasa yang sudah kita kerjakan.

Wallahu a’lam Bish Shawwab…
Wassamualaikum Wr. Wb

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here