SMP Ibnu Rusyd Kotabumi, Kedepankan Pendidikan Karakter

32

KOTABUMI— Meski tak banyak orang ketahui, ternyata diam-diam Sekolah Menengah Pertama(SMP) Ibnu Rusyd Kotabumi, mempunyai pola pembelajaran menarik dan tak biasa di dalam melatih siswa/siswinya mengenai cara menumbuh kembangkan bakat dan minat khususnya di bidang pendidikan karakter.

Betapa tidak, sekolah yang memiliki visi-misi yakni untuk dapat mendidik anak berkarakter, cerdas, dan bertanggung jawab tersebut, diketahui setiap harinya rutin melakukan kegiatan pembelajaran pidato atau retorika ke setiap peserta didik secara bergilir yang dilakukan selepas salat dzuhur dengan durasi sekitar satu jam.

“ Setiap kelas secara bergilir akan mendapatkan jadwal dalam kegiatan itu. Mulai dari pidato dengan berbagai materi, lalu menghapal Al- Quran dan sejumlah kegiatan lain sesuai visi-misi sekolah,” kata Akhmad khoirudin, selaku Kepala SMP Iobnu Rusyd kepada Radar Kotabumi, Senin (14/10).

Itu dilakukan dalam rangka melatih anak agar dapat berani tampil di depan umum sejak usia dini. Sehingga, peserta didiknya akan mendapat bekal dasar saat melanjutkan pendidikan ke tingkat SLTA.”Karena melatih keberanian seorang anak untuk bisa berbicara di depan banyak orang itu seharusnya memang dikenalkan saat usia sekolah. Mengingat tidak setiap anak mempunyai kepercayaan diri yang sama. Maka salah satu caranya lewat sarana itu,”ujarnya.(cw9/rid)

Selengkapnya, baca edisi cetak 15 Oktober 2019

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here