SIWO Berjasa Besar Bagi Olahraga Indonesia

5

BANJARMASIN – Perkembangan olahraga tidak bisa dilepaskan dari peran Seksi Wartawan Olahraga (SIWO). Demikian disampaikan Mentri Olahraga (Menpora) H. Zainudin Amali pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) SIWO di Hotel Aria Borneo, Jumat (07/02/2020).
“Tanpa peran aktif SIWO, dunia olahraga tanah air akan kurang,” kata Zainudin Amali di hadapan perwakilan SIWO se-Indonesia.
Maka tak berlebihan, kata dia, langkah pertama yang dilakukan setelah dilantik sebagai Menpora adalah menunjuk dua orang wartawan senior menjadi staf khususnya.
“Langkah ini saya ambil supaya dunia olahraga Indonesia bisa cepat maju. Wartawan yang menjadi staf khusus saya bisa langsung menjembatani dengan kawan-kawan SIWO. Sehingga semua informasi tentang olahraga bisa lebih cepat,” ungkapnya.
Politisi Golkar ini optimistis ke depan olahraga tanah air akan semakin berkembang. “Ini terlihat dari bentuk perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi),” tegasnya.
Menurut Zainudin Amali, baru Presiden Jokowi yang berani menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) No. 3 Tahun 2019 Tentang Percepatan Kemajuan Sepakbola Indonesia.
Tidak itu saja, Jokowi juga menginstruksikan pembangunan lima training camp untuk kebutuhan olimpiade.
“Saat ini sedang kita godok bersama para ahli untuk mewujudkan lima training camp ini. Semua butuh proses panjang karena untuk penentuan cabor (cabang olahraga), tempat dan anggaran tidak mudah. Semua membutuhkan kajian matang,” terangnya.
Dijelaskan, pembangunan training camp dengan fasilitas lengkap ini sangat mendesak. Pasalnya Indonesia bercita-cita menjadi tuan rumah olimpiade pada 2032 mendatang. “Pada Olimpiade Tokyo nanti kami akan mulai mengkampanyekan Indonesia tuan rumah Olimpiade 2032. Kami akan bangun Rumah Indonesia yang menyediakan semua informasi olahraga Indonesia,” jelasnya.

Dilanjutkan, ke depan pemerintah juga akan berkontribusi secara aktif untuk memajukan dunia olahraga. “Saat ini kami terus memaksimalkan pembinaan usia dini dan roadmap percepatan pembangunan olahraga,” tandasnya.

Diketahui pada tahun ini Indonesia akan menggelar sejumlah even nasional dan internasional. Di antaranya PON XX dan Peparnas di Papua
Indonesia juga siap mengikuti Asian Paragames di Filipina dan Olimpiade di Tokyo.
“Pada 2021, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 dan tuan rumah grand prix di Mandalika. Untuk itu saya mohon bantuan kawan-kawan SIWO menyukseskannya,” pungkas Zainudin. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here