Pemberdayaan Masyarakat Jadi Prioritas Desa Cempaka Timur

59

SUNGKAI JAYA — Desa Cempaka Timur Kecamatan Sungkai Jaya, Lampung Utara (Lampura) menggelar Musyawarah Desa (Musdes) untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2021, Rabu (29/7). Kegiatan yang dilaksanakan di depan Kantor Desa Cempaka Timur tersebut, dibuka langsung oleh Rozi Kepala Desa dan dihadiri yang didampingi Sekretaris Desa Edi Putra.

Hadir pada acara tersebut Camat Sungkai Jaya Wartoni ,S.Sos, Kapospol Sungkai Jaya, Aipda Husni Thamrin, Babinkabtibmas, Babinsa, KUPTD Kesehatan, TKSK dan Pendampingi PKH serta tokoh masyarakat lainnya.

Dalam kesempatan itu, Rozi menyampaikan, bahwasannya Musdes tersebut merupakan titik awal untuk menentukan prioritas kegiatan yang akan dianggarkan untuk Tahun 2021. Musdes yang dilaksanakan setiap tahunnya itu sesui dengan amanat Undang Undang NO 6/2014 Tentang Desa dan Peraturan Menteri (Permen) Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI yang menjadi acuan pelaksanaan.

Disampaikan Rozi, fokus program prioritas adalah Pemberdayaan Masyarakat dan Membangun Usaha Unit Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Kemudian peningkatan penghasilan masyarakat dan menggali potensi unggulan desa. “Jika telah disetujui, maka rencana tersebut akan disusun dan dijadikan dokumen RKPdes dan dijabarkan dengan dokumen APBDes untuk menjadi acuan pelaksanaan pada tahun 2021 mendatang. Saya berharap, Musdes ini dapat menghasilkan keputusan yang dapat dipergunakan bagi sebesar-besarnya kesejahteraan rakyat,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Sungkai Jaya Wartoni menyampaikan apresiasinya kepada BPD dan Pemerintah Desa Cempaka Timur, yang telah melaksanakan Musdes dengan Tepat Waktu. Wartoni juga mengapresiasi usulan dari masyarakat. Namun menurut Wartoni hendaknya usulan yang disampaikan jangan monoton di bidang Infrastruktur saja, tetapi dibidang pembinaan dan pemberdayaan Masyarakat serta menggali potensi produk unggulan yang ada di Desa. “Saya mengapreasiasi BPD dan Pemerintah Desa Cempaka Timur, yang telah melaksanakan Musdes ini dengan tepat waktu,” pungkasnya. (cw.and/fer)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here