Paskibra Diwajibkan Patuhi Protokol Kesehatan

26
Foto IST Tampak para Paskibra saat latihan pengibaran dan penurunan bendera guna persiapan HUT RI, Senin (10/8).

KOTABUMI–Dalam menyambut peringatan hari besar Kemerdekaan Republik Indonesia(RI) berbagai persiapan tengah dipersiapkan, salah satunya para petugas pengibar sang saka merah putih.
Selain giat berlatih para petugas pengibar bendera dalam perayaan HUT RI juga diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwitasa(Kadispora) Ilham Akbar disampingi Kasi Pemuda Nita Intania Waty menjelaskan, saat ini anak-anak Paskibra sedang melaksanakan latihan guna persiapan pengobatan dan penurunan bendera dalam peringatan HUT RI yang akan dilaksanakan di halaman Kantor Pemkab Lampura.

Para Paskibra sendiri memang diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan.
Tak hanya itu saja, sejak awal mereka terpilih ada surat pernyataan dari anggota Paskibra dan diketahui orang tua diatas materai bahwa akan menjaga dan mentaati protokol kesehatan.

Mulai berangkat dari rumah, saat latihan hingga pulang ke rumah tidak sembarangan singgah.”Jadi mereka diwajibkan benar-benar menjaga kesehatannya. Selama masa latihan hingga hari H mereka tidak diperkenankan pergi untuk ke luar main,”ujar Ilham Akbar saat diwawancarai awak media, Senin (10/8).

Penerapan protokol kesehatan sendiri, sudah dilakukan sejak perekrutan peserta beberapa waktu lalu dan hingga kini terus dijalankan.
Untuk itu para peserta upacara peringatan hari besar nantinya harus menggunakan masker, pemeriksaan suhu tubuh, menjaga jarak dan mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan.

Peringatan HUT RI tersebut juga mengacu pada Surat Edaran(SE) Menteri Sekretaris Negara Nomor: B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020 tentang pedoman peringan HUT ke 75 Kemerdekaan RI/2020.
Dalam SE tersebut berisikan, upacara HUT RI dilaksanakan secara sederhana, sangat minimalis dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVlD-19.

Komposisi petugas upacara terdiri dari, komandan Upacara sebanyak 1 orang, Pasukan Paskibra sebanyak 3 orang berasal dari cadangan Paskibraka Tahun 2019.Seperti halnya peringatan Hari Veteran tadi(kemarin, Red) menggunakan protokol kesehatan, begitu juga untuk peringatan HUT RI,”ucapnya.

Sejauh ini tambah Ilham, untuk persiapan sudah 70 persen.
Anak-anak Paskibra sedang giat melaksanakan latihan yang diadakan di lapangan Stadion Sukung Kotabumi dan Halaman Kantor Pemda.

Untuk petugas pengibar bendera sendiri jumlahnya tetap ada tiga orang, namun akan ada barisan anak-anak Paskibraka saat peringatan HUT RI.”Alhamdulillah sudah 70 persen, anak-anak kita lihat sangat semangat sekali. Kita berharap semua berjalan dengan lancar dan sukses,”pungkasnya.(ria/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here