Hikmah Ramadhan Meningkatkan Ketaqwaan

26

Oleh : Romli, Amd (Ketua DPRD Lampura)

Assalamualaikum Wr.Wb
Tabikpun….

Dalam QS Al Baqarah ayat 183, Allah SWT berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.”
Dari ayat tersebut, sudah jelas bahwa salah satu hikmah yang diperoleh dari puasa adalah meningkatkan ketaqwaan seorang hamba kepada Allah SWT. Selain meningkatkan ketaqwaan, berpuasa khususnya dibulan ramadhan mengandung banyak hikmah didalamnya. Disamping ganjaran pahala yang dilipatgandakan.

Diantara hikmah dimaksud adalah, semakin memupuk rasa untuk senantiasa selalu bersyukur terhadap segala sesuatu yang Allah SWT berikan. Dengan kata lain menerima apapun takdir Allah SWT yang ditimpakan kepada kita.

Kemudian, dengan ber puasa dapat lebih mengontrol hawa nafsu. Hal ini karena kita lebih banyak melakukan kegiatan positif yang mendatangkan kebaikan dan pahala dibanding mengejar kepentingan duniawi. Puasa juga dapat mencegah seseorang melakukan perbuatan maksiat yang dibenci oleh Allah SWT.

Dengan berpuasa justru dapat meningkatkan kesehatan jiwa dan raga. Secara jasmani, sistem pencernaan akan bekerja maksimal untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Sedangkan secara rohani, kita akan lebih dekat dengan Allah SWT.

Saat menjalankan ibadah puasa kita tidak hanya menahan rasa haus dan lapar, tetepi kita juga menjaga diri dari perkataan dan perbuatan yang tidak baik pula. Secara tidak langsung ketika kita menjauhi hal tersebut artinya kita akan terdorong untuk melakukan hal-hal baik demi kesempurnaan puasa.

Hikmah lain yang dapat dipetik adalah saat kita menjalankan puasa adalah kita bisa menahan hawa nafsu kita. Sebab syarat sahnya puasa adalah kita diharuskan untuk bisa menahan segala jenis hawa nafsu, termasuk nafsu makan, nafsu membicarakan keburukan orang lain dan nafsu fisik.

Untuk menghindari hal tersebut kita bisa melakukan hal yang bersifat positif, terlebih pada bulan ini segala kebaikan akan dilipat gandakan pahalanya.

Puasa dibulan Ramadhan bisa kita jadikan sebagai bahan perefleksian diri kita agar kedepannya menjadi lebih baik lagi. Dengan harapan segala kebaikan yang kita lakukan pada bulan Ramadhan dapat kita lakukan secara terus menerus di luar bulan Ramadhan. (**)

Wassalamualaikum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here