Menu

Mode Gelap
Wartawan AJNN Aceh Dilaporkan ke Polisi, Ini Sikap Tegas PJS Perhimpunan Jurnalis Siber Provinsi Lampung Resmi Dibentuk P3K Bakal Tak Diusulkan Lagi Pelajar SDN Handuyangratu Masih Belajar di Eks Balai Desa Disdikbud Persiapkan SDM Dalam Era Pembelajaran Digital

Pendidikan · 26 Jul 2022 20:49 WIB ·

Orang Tua dan Pihak Sekolah Diminta Waspada


 Orang Tua dan Pihak Sekolah Diminta Waspada Perbesar

Terkait Kabar Penculikan Terhadap Anak

KOTABUMI-Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan salah satunya terjadi kasus penculikan anak, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan(Kadisdikbud) Lampung Utara(Lampura) H. Mat Soleh meminta kepada orang tua khususnya dan kepada pihak Sekolah untuk selalu waspada.

Jika memiliki waktu, hendaknya orang tua dianjurkan untuk mengantar anaknya saat berpergian ke sekolah. Saat mengantar hendaknya orang tua atau walinya bisa mengantarkan langsung ke dalam sekolah.”Saat ini kan banyak kita dengar kasus-kasus yang menimpa anak, salah satunya percobaan penculikan. Untuk itu kita minta kepada orang tua dan pihak sekolah agar lebih waspada. Kalau ada waktu, antar anak hingga ke dalam sekolah,”ujar Mat Soleh, Selasa (26/7).

Kemudian diminta kepada orang tua siswa atau walinya, lanjut Mat Soleh, untuk memperkenalkan diri ke sekolah serta meninggalkan nomor telepon yang bisa dihubungi. Lalu, setiap sekolah harus memiliki penjaga, jika tidak ada atur jam piket sekolah.

Setiap guru yang piket wajib menunggu di depan sekolah ketika anak-anak masuk maupun pulang sekolah. Sehingga ketika anak-anak di jemput oleh orang yang tidak kenal bukan anggota keluarganya, pihak sekolah bisa tau.

“Guru piket harus ada, setiap harinya mereka bertugas mengawasi siswa yang masuk dan pulang sekolah. Jangan biarkan anak-anak pulang dengan orang yang tidak dikenal,”himbaunya.

Untuk anak-anak peserta didik, tambah Mat Soleh, hendaknya jika ada orang yang tidak dikenal merayu, mengajak bahkan mengiming-imingi dengan sesuatu untuk tak tergiur dan terpengaruh. Jika anak-anak didekati orang tak dikenal anak-anak bisa berteriak, lari atau masuk ke rumah siapa saja yang terdekat dari lokasi untuk meminta pertolongan. Jika memungkinkan ambil batu atau kayu yang ada disekitar.

“Kalau ada yang ajak kita enggak kenal jangan mau, teriak sekencang-kencangnya atau masuk ke dan rumah orang ataupun tempat lainnya untuk meminta pertolongan. Anak-anak harus waspada dan hati-hati, jaga diri,”pungkasnya.(ria/rid)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Mat Soleh Harapkan Kurikulum Merdeka, Ciptakan Kreatifitas Siswa 

3 Agustus 2022 - 20:10 WIB

KBM SDN 1 Handuyang Ratu Dipindah

25 Juli 2022 - 19:43 WIB

Pelajar SDN Handuyangratu Masih Belajar di Eks Balai Desa

19 Juli 2022 - 18:59 WIB

Disdikbud Persiapkan SDM Dalam Era Pembelajaran Digital

19 Juli 2022 - 18:57 WIB

Disdikbud Rencanakan Pakaian Seragam Khas Lampung

18 Juli 2022 - 10:30 WIB

Disdikbud Lampura Siapkan Empat Program Tahun 2023

11 Juli 2022 - 21:16 WIB

Trending di Pendidikan