Menu

Mode Gelap
Wartawan AJNN Aceh Dilaporkan ke Polisi, Ini Sikap Tegas PJS Perhimpunan Jurnalis Siber Provinsi Lampung Resmi Dibentuk P3K Bakal Tak Diusulkan Lagi Pelajar SDN Handuyangratu Masih Belajar di Eks Balai Desa Disdikbud Persiapkan SDM Dalam Era Pembelajaran Digital

Pendidikan · 3 Agu 2022 20:10 WIB ·

Mat Soleh Harapkan Kurikulum Merdeka, Ciptakan Kreatifitas Siswa 


 Foto Ria Radar Kotabumi  Caption : Bupati Lampura H. Budi Utomo saat menerima sertifikat dalam audensi Implementasi Kurikulum Merdeka.  Perbesar

Foto Ria Radar Kotabumi Caption : Bupati Lampura H. Budi Utomo saat menerima sertifikat dalam audensi Implementasi Kurikulum Merdeka.

KOTABUMI – Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Lampung Utara(Lampura) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan(Disdikbud) tengah menggencarkan Kurikulum Merdeka.

Kadisdikbud Lampura H. Mat Soleh menjelaskan, kurikulum merdeka dengan kurikulum saat ini itu sangat berbeda. Dimana kurikulum merdeka sendiri lebih kepada mengutamakan para siswa. Yakni siswa lebih banyak berinteraksi dan memberikan perhatian kepada para peserta didik secara individu dalam kelas.

“Untuk itu diharapkan dengan adanya kurikulum merdeka ini mampu tercipta para peserta didik yang memiliki kreatifitas,”harap Mat Soleh, Rabu (3/8).

Dalam kurikulum merdeka ini, lanjut Mat Soleh, dapat menciptakan anak-anak yang beragam talenta. Seperti pintar matematika, bahasa Inggris atau pintar dalam berkesenian. Dalam pembelajaran nanti akan diterapkan 70 persen teori, dan 30 persen projek atau aksi nyata. Aksi nyata dalam hal ini yakni dalam rangka mewujudkan profil belajar Pancasila.

“Di Lampura ada 19 sekolah yang ditunjuk dari Kementrian untuk menerapkan Kurikulum Merdeka. 39 sekolah mandiri belajar dan empat sekolah penggerak. Semuanya menggunakan kurikulum Merdeka,”paparnya.

Selain kurikulum merdeka, imbuh Mat Soleh, sekolah baik SD maupun SMP bisa menggunakan Kurikulum 2013, Kurikulum sederhana yang dibentuk saat Covid-19 atau bisa juga menggunakan Kurikulum Merdeka.

Kurikulum Merdeka sendiri dipakai untuk diterapkan di kelas 1 dan kelas IV Sekolah Dasar(SD). Sedangkan untuk tingkat SMP akan diterapkan untuk kelas tujuh.

“Dengan harapan diterapkan Kurikulum Merdeka ini akan segera mempercepat proses Profil pelajar Pancasila yang selama ini kita idam-idamkan. Dan membentuk kemampuan kognisi, nalar dan komunikasi sehingga tercipta kreatifitas di kalangan siswa,”harapnya.(ria)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Orang Tua dan Pihak Sekolah Diminta Waspada

26 Juli 2022 - 20:49 WIB

KBM SDN 1 Handuyang Ratu Dipindah

25 Juli 2022 - 19:43 WIB

Pelajar SDN Handuyangratu Masih Belajar di Eks Balai Desa

19 Juli 2022 - 18:59 WIB

Disdikbud Persiapkan SDM Dalam Era Pembelajaran Digital

19 Juli 2022 - 18:57 WIB

Disdikbud Rencanakan Pakaian Seragam Khas Lampung

18 Juli 2022 - 10:30 WIB

Disdikbud Lampura Siapkan Empat Program Tahun 2023

11 Juli 2022 - 21:16 WIB

Trending di Pendidikan