Menu

Mode Gelap
Wartawan AJNN Aceh Dilaporkan ke Polisi, Ini Sikap Tegas PJS Perhimpunan Jurnalis Siber Provinsi Lampung Resmi Dibentuk P3K Bakal Tak Diusulkan Lagi Pelajar SDN Handuyangratu Masih Belajar di Eks Balai Desa Disdikbud Persiapkan SDM Dalam Era Pembelajaran Digital

Birokrasi · 9 Mar 2023 19:33 WIB ·

Pemilu 2024 Terancam Bencana, Bawaslu dan KPUD Kompak Siapkan Formula


 Logo Bawaslu dan KPU. Foto Net Perbesar

Logo Bawaslu dan KPU. Foto Net

KOTABUMI – Dalam mengantisifasi terjadinya gangguan bencana alam yang berpotensi terjadi pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu(Bawaslu) Lampung Utara(Lampura) akan melakukan pemetaan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) setempat.

“Selain dengan KPUD, kita juga akan koordinasikan dengan BPBD Lampura agar pelaksanaan Pemilu 2024 tidak terganggu dengan bencana alam. Seperti TPS harus ditempatkan di lokasi yang tidak rentan bencana,”ujar Koordinator Divisi(Kordiv) Pencegahan, Partisifasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat(PPH) Abdul Kholik, mewakili Ketua Bawaslu Lampura Abdul Kholik, Kamis 09 Maret 2023.

“ Upaya yang kita melakukan adalah pencegahan terhadap berbagai kendala dalam pelaksanaan pemilu 2024 mendatang, baik secara teknis maupun secara administrasi akan kita awasi, agar pelaksanaan pemilu ini sesuai harapan kita semua, ” imbuh Kholik-sapaan akrab Abdul Kholik.

Lebih lanjut, Kholik menyebut jika pelaksanaan pemilu serentak akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024, sementara bencana banjir yang terjadi di Lampura saat ini terjadi pada 09 Maret 2023. Artinya, kemungkinan bencana serupa akan terjadi pada bulan Februari 2024.

”Makanya kita wanti – wanti agar TPS (tempat pemungutan suara) jangan sampai di daerah bencana,”kata dia.

Untuk itu, imbuh Kholik, pihaknya akan menyampaikan permasalahan tersebut dalam forum rapat Bawaslu baik ditingkat provinsi maupun pusat. Agar, pelaksanaan pemilu ini dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan KPU.

”Kita juga akan koordinasi dengan KPUD Kabupaten Lampung Utara soal ini(bencana alam, red). Ini semua kita lakukan agar dapat agenda besar ini dapat terlaksana dengan baik,”pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KPUD Lampura Afrizal mengatakan jika pihaknya akan melakukan koordinasi dengan semua pihak termasuk BPBD agar pelaksanaan Pemilu serentak 2024 dapat berjalan dengan sebaiknya. Bahkan, lanjut Afrizal, pihaknya akan mengintruksikan aparatur dibawahnya agar tempat pemungutan suara(TPS) dapat ditempatkan pada wilayah-wilayah yang rentan bencana alam.

”Jadi kita akan tempatkan TPS pada lokasi yang tidak rawan bencana. Namun, sebelum itu kita lakukan akan dikoordinasikan dengan KPUD Provinsi dan KPU RI, supaya tidak terjadi miskomunikasi,”imbuhnya.

Lebih lanjut, Afrizal Ria mengatakan, pihaknya berterima kasih dengan Bawaslu yang sudah mengingatkan pihaknya akan potensi bencana yang akan terjadi pada pemilu 2024.”Ini sebagai support kami, bahwa KPU, Bawaslu dan DKPP merupakan penyelenggara pemilu dengan visi yang sama yakni mensukseskan pelaksanaan pemilu 2024, ” pungkasnya.(rid)

Artikel ini telah dibaca 146 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

28 KPM Desa Ajikagungan, Dapat BLT – DD

14 Juni 2024 - 12:35 WIB

Pastikan Isi Gas Sesuai Volume, TPID dan Forkopimda Turun Langsung

13 Juni 2024 - 15:40 WIB

Kades Ajikagungan Buktikan Pembangunan Buat Rakyat

13 Juni 2024 - 15:38 WIB

Peringati Hari Bhayangkara, Polres Lampura Gelar Khitanan Gratis Bagi Masyarakat

11 Juni 2024 - 21:58 WIB

28 DPD PJS Siap Sukseskan Program Kompetisi Jurnalis Kebangsaan 2024

10 Juni 2024 - 21:44 WIB

Hendri Pantau Penyaluran 20.720 Tabung Elpiji Melon

10 Juni 2024 - 13:21 WIB

Trending di Headline