Menu

Mode Gelap
Wartawan AJNN Aceh Dilaporkan ke Polisi, Ini Sikap Tegas PJS Perhimpunan Jurnalis Siber Provinsi Lampung Resmi Dibentuk P3K Bakal Tak Diusulkan Lagi Pelajar SDN Handuyangratu Masih Belajar di Eks Balai Desa Disdikbud Persiapkan SDM Dalam Era Pembelajaran Digital

Politik · 25 Jun 2018 21:18 WIB ·

Money Politic Merupakan Perbuatan Pidana


 Money Politic Merupakan Perbuatan Pidana Perbesar

KOTABUMI—Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 Juni besok, harus menjadi momentum untuk menjadikan daerah semakin maju dan baik. Karena dengan Pilkada rakyat dapat menentukan pilihannya secara langsung terhadap pasangan calon(paslon) yang dianggap mampu menjalankan roda pemerintahan selama lima tahun ke depan.

Karenanya sangat disayangkan, jika Pilkada masih dikotori dengan upaya-upaya tidak sehat, apalagi sampai menyuap atau membeli suara(money politic) oleh paslon maupun tim pemenangannya.”Lihat saja bagaimana di Lampung Tengah, dan Tanggamus ada yang tertangkap warga tengah membagi-bagikan uang dari paslon tertentu,” ujar Suwardi, S.H., M.H., kademisi Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Kotabumi, Senin(26/6).

Menurut dia, money politic selain dapat dipidanakan dan berpotensi menggugurkan paslonkada, juga merupakan prilaku buruk yang dapat merusak tatana kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, money politic merupakan pembodohan terhadap masyarakat pemilih. Sebab itu semua sebagai upaya meraup suara, karena ada kegamangan akan kemampuan paslon. Sehingga rasa percaya dirinya menurun untuk dapat memenangkan pertarungan. Karenanya mereka mengambil jalan membeli suara. ” Paslon atau tim pemenangan yang membagi-bagikan uang kepada masyarakat mencerminkan bahwa dirinya tidak mampu menyakinkan warga akan kemampuan yang dimilikinya.” tandas Suwardi.(her/rid).

Selengkapnya, baca edisi cetak 26 Juni 2018

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bawaslu Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif di MAN 1 Lampura

11 Oktober 2023 - 22:53 WIB

Tiga Orang Penyalahguna Narkoba Diamankan Polisi

23 Agustus 2023 - 18:33 WIB

Polres Lampura Tanam Ribuan Pohon

23 Agustus 2023 - 18:28 WIB

IKA PMII Lampura Gelar Silaturahmi, Tebak Apa yang Dibahas ya???

11 Agustus 2023 - 00:11 WIB

Keseruan Paretan Layang-Layang Bersama K7 KITE FIGHTER

9 Agustus 2023 - 22:51 WIB

PWI Lampura Audiensi dengan Kapolres Teddy, Ternyata ini yang Dibahas….

9 Agustus 2023 - 22:30 WIB

Trending di Birokrasi