Pencarian DD Tahap II Lampura Capai 74 Persen

24
R. Habibie S.STP., MM,, saat dikonfirmasi sejumlah awak media di ruang kerjanya

KOTABUMI — Jumlah total pencairan Dana Desa (DD) tahun 2019 tahap pertama sebesar 20 persen di 232 Desa se-Kabupaten Lampung Utara (Lampura) sudah mencapai hingga 99 persen, sedangkan untuk tahap ke II sebesar 40 persen, mecapai sebesar 76 persen.”Iya, terkait DD tahun 2019 tahap I kini pencairannya telah mencapai 99 persen, karena di tahap I masih ada 2 Desa yang belum mengajukan permohonan pencairan, yaitu Desa Gunung Keramat Kecamatan Abung Semuli, dan Desa Waymelan Kecamatan Kotabumi Selatan.

Sedangkan pencairan DD tahap II kini telah mencapai 76 persen, tinggal 34 Desa lagi yang belum mengajukan permohonan pencairan ke Dinas,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kadis DPMD) Wahab, melalui Kabid PMD R. Habibie S.STP., MM,, saat dikonfirmasi sejumlah awak media di ruang kerjanya, sekitar pukul 11.00 WIB Senin (15/7).

Lebih lanjut Habibie mengatakan, dari 232 Desa yang ada di Lampura, yang telah mengajukan berkas permohonan pencairan DD tahun 2019 tahap II sebesar 40 persen tersebut sebanyak 198 Desa, dan berkas tersebut telah diserahkan ke bagian keuangan untuk dilakukan penginputan.

Namun, dari total 198 Desa tersebut, yang telah terbit Surat Perintah Pencairan Dana(SP2D) sebanyak 182 Desa, sedangkan 16 Desa lainnya sedang dalam tahap penginputan data di bagian keuangan. Sedangkan 34 Desa lainnya, hingga kini belum mengajukan permohonan pencairan ke DPMD, sehingga belum dapat diproses SP2D ke 34 Desa tersebut, dari 182 Desa tersebut terdapat 7 Kecamatan yang pencairannya telah mencapai 100 persen.

”Pencairan di 182 Desa itu sifatnya sudah total dan telah dicairkan secara bertahap. Pencairan tersebut dalam artian penerbitan SP2D-nya telah masuk dalam kas Desa. Secara teknisnya apakah dana tersebut sudah dicairkan atau belum itu sudah tergantung kepada desanya masing-masing,” jelasnya.(fer/rid)

Selengkapnya, baca edisi cetak 16 Juli 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here