Kelurahan Kelapa Tujuh Prioritaskan DK Untuk Pelayanan

28
Foto cw9 Caption : Hi. Suahmad, Lurah Kelapa Tujuh, Kecamatan Kotabumi selatan, Kabupaten Lampung Utara saat dijumpai Radar Kotabumi diruang kerjanya, Selasa (17/9)   

KOTABUMI—Bantuan Dana Kelurahan (DK) sebesar Rp. 370 juta yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), akan digunakan dalam dua bentuk kegiatan pemberdayaan dan fisik. Kegiatan fisik rencananya lebih diutamakan dalam bentuk pekerjaan yang sifatnya pelayanan dan sesuai kebutuhan warga.

“ Bantuan DK dari APBN 2019, kita bagi jadi dua kegiatan yakni pemberdayaan dan fisik,” kata Hi. Suahmad, Lurah Kelapa Tujuh, Kecamatan Kotabumi Selatan, kepada Radar Kotabumi, Selasa (17/9).

Kegiatan fisik yang diperoleh dari dana kelurahan 2019, sambung Lurah, terdiri dari pembuatan sumur bor sebanyak 4 titik, perbaikan talut atau siring pasang di dua titik. Sesuai dengan usulan masyarakat seusai dilakukan nya musyawarah bersama  Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Kelompok masyarakat (Pokmas) dengan melibatkan warga sekitar.

“Sesuai kesepakatan, rencana kegiatan fisik kita akan dibuatkan sumur bor dan juga perbaikan siring pasar. Mengingat pekerjaan itu dirasa sangat penting sebagai satu bentuk pelayanan kepada warga,” ucapnya

Lebih lanjut, Suahmad menambahkan, dalam pengelolaan anggaran pihaknya memang lebih berhati-hati, lantaran bantuan ini merupakan bantuan pertama kalinya yang diterima oleh kelurahan yang ada di Kabupaten Lampura. selain itu, kata dia, kerjasama dan dukungan dari semua pihak sangat penting dalam mengelola dan mengawasi peruntukan dana tersebut.

Dengan harapan kegiatan yang dihasilkan memang sesuai dengan harapan warga, dan memang sangat penting untuk peningkatan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

“Nantinya pada pelaksaanaan, dukungan warga dan semua pihak terkait di dalamnya sangat dibutuhkan. Baik itu berupa masukan saran juga kerjasama yang baik untuk hasil sesuai dengan yang diharapkan,” ujarnya

Selain kegiatan fisik, lanjutnya, pihaknya juga telah merampungkan lima kegiatan pemberdayaan. Sama dengan kelurahan lain, bentuk kegiatan  lebih kepada sosialisasi yang mengikutsertakan warga sekitar dengan melibatkan beberapa instansi terkait sebagai narasumber.

“Sosialisasi tersebut yakni dibidang, kesehatan, kambtibmas, pendidikan, penanggulangan bencana, serta lembaga kemasyarakatan. Alhamdulillah semua kegiatan yang sifatnya pemberdayaan masyarakat sudah selesai,” terangnya.

Adanya dana kelurahan tersebut selaku lurah, dirinya sangat berterimakasih dan berharap nantinya peruntukan dana kelurahan bisa dilaksanakan dan dirasakan oleh masyarakat banyak terlebih bila besaran anggaran dana bisa lebih ditingkatkan. Mengingat manfaatnya juga dirasa sangat membantu dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat, ada baiknya bantuan serupa bisa digulirkan di tahun-tahun berikutnya.(cw9/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here