Puting Beliung Porakporandakan Ratusan Rumah

19
Caption foto : Tim Gabungan Penanggulangan Bencana Alam Way Kanan sedang melakukan pemantauan sekaligus memberikan bantuan kepada korban angin puting beliung yang ada di kecamatan Bumi Agung, Rabu (13/11)

BLAMBANGAN UMPU— Masyarakat Way Kanan dihantui oleh bahaya baru. Yakni angin kencang yang menyerupai angin puting beliung ya nampaknya semakin sering menyambangi Bumi Ramik.Ragom Way Kanan.

Angin yang mampu mengangkat bangunan besar tersebut,  menyambangi Kecamatan Bumi Agung . Akibatnya walaupun tidak ada korban jiwa 165 rumah penduduk rusak ringan dam rusak berat.

Tim Gabungan dari BPBD (Satgas PB dan TRC), TNI, komunitas RAPI (Radio antar Penduduk Indonesia) Kecamatan dan Kampung turun kelapangan membantu langsung evakuasi dan memperbaiki rumah warga yang rusak akibat dilanda angin kencang yang menyertai, Rabu (13/11)

“Hasil pemantauan yang kami lakukan dilapangan, diketahui untuk Kecamatan Bumi Agung tempatnya di kampung Karangan,  terdapat 58 unit rumah, 2 Unit (rusak berat) dan di kampung Bumi Agung terdapat 107 Unit rumah yang rusak diantaranya 3 rumah rusak berat.” Ujar Busmi Janadi SE. Kalakhar BPBD Way Kanan.

Terkait dengan adanya bencana puting beliung tersebut Bismi Janadi SE kepala BPBD Way Kanan menghimbau pada seluruh masyarakat Way Kanan untuk mempertimbangkan lingkungan sekitar tinggalnya. Karena hujan yang disertai angin kencang diperkirakan akan berlangsung hingga beberapa kali kedepan.

”Kepada masyarakat Way kanan kami menghimbau agar pepohonan yang ada di sekitar rumah dan jalan harap di tebas jika terlalu rimbun, karena kalau ada bencana seperti ini maka itu akan sangat membahayakan masyarakat itu sendiri tegas Bismi Seraya mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan beberapa hal terkait dengan rencana tersebut.” ungkapnya

Disebutkan dengan adanya bencana  tersebut  telah melakukan beberapa hal antara lain, melakukan pemantauan dan memberikan bantuan kepada para korban dan hingga sore hari ini terdapat 165 rumah. Baik rusak ringan maupun rusak berat. “Semua  telah kami lakukan perbaikan bersama dengan masyarakat setempat dan juga sore ini tim dari dinas sosial Way Kanan sedang meluncur ke lokasi si untuk memberikan bantuan baik berupa makanan siap saji maupun perlengkapan keluarga lainnya,” ujar Bismijanadi SE tanpa merinci bantuan apa saja yang telah diberikan oleh Pemkab Waykanan kepada korban.

Dalam pada itu Kabupaten Way Kanan memang sangat rentan akan berbagai bencana alam antara lain banjir tanah longsor maupun angin puting beliung tahun lalu ibukota Kabupaten Way Kanan bakal mendapatkan serangan dari angin puting beliung sehingga menyebabkan berbagai fasilitas rusak berat maupun ringan dan bahkan beberapa perkantoran milik Pemprov ke kanan hingga saat ini ada yang belum diperbaiki. (rnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here