Limbah Kertas Semen, Resahkan Pengguna Jalinbar

31
Foto : Ferdani Caption : Terlihat tumpukan sampah yang berasal dari limbah kertas semen, tampak mengotori dan memakan badan jalan, foto dibidik di Jalinbar Desa Dwikora Kecamatan Bukitkemuning, Senin (2/12).

KOTABUMI — Tumpukan sampah berserakan mengotori sepanjang Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Desa Dwikora, Kecamatan Bukitkemuning, Kabupaten Lampung Utara (Lampura). Berdasarkan hasil pantauan di lokasi, tumpukan sampah yang berasal dari kertas semen dengan logo JAKARTA Portland Cement, dengan berat 50 Kg tampak menggunung di tepian Jalinbar yang tentunya berpotensi mengganggu pengemudi lalulintas jalan setempat.

Asep Hidayat (33) warga setempat mengaku, tumpukan sampah tersebut sudah tiga hari lamanya dan diduga berasal dari bekas pelebaran jalan yang terdapat di Lampung Barat(Lambar). Tidak tahu pasti, apa alasannya sampah tersebut dibuang di lokasi setempat, yang diketahui kukan tempat pembuangan sampah.

Tidak hanya itu, selain tumpukan kertas semen, terdapat juga semen yang telah membeku diantara tumpukan tersebut. Dengan adanya tumpukan sampah itu, tentunya sangat menggangu warga dan pengguna jalan yang melintasi wilayah setempat, terlebih lagi mengingat, di bawah tumpukan sampah terdapat perkebunan warga dan aliran sungai.

“Takutnya kalau musim penghujan seperti sekarang ini, semen yang sudah membeku tersebut masuk kedalam aliran sungai, akibatnya sungai menjadi kotor dan ikan-ikan yang hidup di sungai tersebut terancam mati, akibat pengaruh zat kimia dari semen itu,” jelasnya.(fer/rid)

Selengkapnya, baca edisi cetak 3 Desember 2019

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here