Rutan Kelas IIB Kotabumi, Bekali Wargabinaan

38
Foto : Ferdani Caption : Asep Alfa Tirta, staf Bengker Rutan kelas IIB Kotabumi, saat menunjukkan sejumlah hasil kerajinan tangan yang berada di rutan setempat, foto dibidik Senin (13/1).

KOTABUMI—Dalam melakukan pembinaan kepada sejumlah warga binaan. Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas IIB Kotabumi memiliki berbagai kegiatan untuk memberdayakan sejumlah warga binaan di Rutan setempat.

Denial Arief, Kepala Rutan (Ka Rutan) kelas IIB Kotabumi saat di konfirmasi diruang kerjanya mengungkapkan, dalam melakukan pembinaan pihaknya memiliki Dua sistem pembinaan yang di terapkan. Yakni system Kepribadian dan sistem Kemandirian.

Sistem Kepribadian merupakan bentuk pembinaan dalam hal ke agaamaan. Untuk ini dilakukan kerja sama dengan Kemenag Lampura. Dibidang keagamaan itu sendiri dibagi menjadi dua bagian, yaitu Al-Qur’an dan Akidah. Dengan harapan kedepan seluruh Narapidana (Napi) dapat memiliki kepribadian yang lebih baik dari sebelumnya, paparnya.

Kemudian sistem kemandirian, dalam hal ini lebih mengedepankan pengelolaan kayu dan besi secara manual. Hal yang sama juga dalam sektor perikanan, dan pertanian.

Sementara dalam bidang kesenian, pihaknya kini sedang dalam tahap pembelajaran, agar dapat menghasilkan olahan seni yang baik dan menarik agar hasilnya layak untuk dipasarkan. Oleh karena itu semua hasil Kesenian, untuk saat ini belum dapat di produksi dan di pasarkan secara online lewat situs jual beli.

“Mudah-mudahan, semua hasil kerajinan tangan, perikanan dan perkebunan yang ada di dalam Rutan kedepan dapat dipasarkan secara online, sehingga hasil dari penjualan dapat di setorkan ke Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP),” jelasnya Senin (13/1) sekira pukul 10.30 WIB.(fer/her)

Selengkapnya, baca edisi cetak 14 Januari 2020

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here