Positif Covid-19 di Lampura Bertambah

1496

KOTABUMI — Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang terlanjur menyebar di Kabupaten Lampung Utara (Lampura) kembali menunjukkan keganasannya. Terbukti pada Senin (18/5) jumlah pasien positif Covid-19 bertambah satu orang lagi. Dengan jumlah total keseluruhan yang terpapar Covid-19 di bumi Lampura menjadi Lima kasus.

Warga Lampura yang dinyatakan positif Covid-19 yang ‎selanjutnya disebut dengan K#5 ini berasal dari Kecamatan Bungamayang. Hasil uji swab yang bersangkutan didapat oleh Pemkab Lampura pada Senin (18/5).

“‎Berdasarkan hasil pemeriksaan swab dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Jakarta, Za dinyatakan positif terpapar Covid-19,” kata Sanny Lumi selaku juru bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lampura, Senin (18/5):malam.

Sebelum dinyatakan sebagai K#5, Za yang tercatat sebagai warga Kecamatan Bungamayang tersebut telah beberapa kali dilakukan serangkaian tes. Pemeriksaan pertama ialah rapid tes yang dilakukan pada 3 April dengan hasil non reaktif. Hasil rapid tes kedua yang dilakukan pada 2 Mei menunjukan hasil reaktif.

Hasil ini membuat pihaknya langsung mengambil sampel lendir untuk kepentingan uji swab pertama. Uji swab kedua dilakukan pada tanggal 3 Mei. Hasilnya uji swab I dan II menyatakan yang bersangkutan positif terpapar Covid-19.

Za sendiri diketahui memiliki riwayat perjalanan ke Kecamatan Rimbo Kudi, Kabupaten Seluma, Bengkulu. ‎Yang bersangkutan bersama 13 warga Lampura lainnya melakukan kegiatan keagamaan selama 22 hari di sana. Selama di lokasi, ia dan rekan-rekannya kerap berpindah tempat.

Mereka kemudian tiba di Lampura pada tanggal 29 Maret 2020. Kendaraan yang digunakan ialah menggunakan jasa travel jurusan ‎Bengkulu – Bukitkemuning.

Adapun langkah yang akan diambil untuk meminimalisir penyebaran Covid-19‎ ialah menempatkan yang bersangkutan ke lokasi isolasi di Islamic Center Kotabumi. Za akan ditempatkan bersama warga lainnya yang terlebih dulu menjalani isolasi.

“Tim akan melakukan penjemputan kepada beliau untuk menjalani isolasi di Islamic Center Kotabumi,” ujarnya.

Dilanjutkannya, untuk kondisi Dua orang dari Empat orang terkonfirmasi positif terpapar Covid-19 yang dirawat di tempat khusus saat ini makin membaik dan tengah menunggu hasil swab keduanya agar segera dipulangkan kepada keluarga.

“Untuk saat ini ke Empat pasien yang di rawat di Islamic Center Kotabumi dalam kondisi baik, dua orang dari hasil swab telah dinyatakan negatif tapi masih menunggu hasil swab yang kedua kalinya supaya bisa berkumpul lagi dengan keluarganya, dan dua lainnya juga dalam kondisi baik,” katanya.

Kedua warga yang telah mendapatkan hasil swab dengan tidak lagi reaktif tersebut berinisial AK dan TM, keduanya warga Kecamatan Kotabumi Selatan dan Abung Timur.

Sedangkan untuk kondisi Orang Dalam Pengawasan (ODP) kini berjumlah 125 orang, dengan rincian dalam proses pemantauan sebanyak 3 orang, dan orang yang telah selesai dalam pemantauan selama 14 hari sebanyak 122 orang, jelasnya.

Dikatakannya lagi, untuk jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 83 orang, dengan rincian orang yang telah selesai dilakukan pemantauan sebanyak 52 orang dan kini tersisa sebanyak 31 OTG lagi. Untuk PDP ada 5 orang, 1 orang telah dinyatakan sembuh, dan 4 orang meninggal dunia. Kemudian jumlah terkonfirmasi positif kini menjadi 5 orang. Kelima-limanya saat ini tengah dalam proses isolasi di tempat khusus. (fer/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here