Desa Kemalo Abung Salurkan BLT-DD Pada 136 KK

30

KOTABUMI — Pemerintah Desa Kemalo Abung, Kecamatan Abung Selatan, Kabupaten Lampung Utara (Lampura) menyalurkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang berasal dari Dana Desa (DD) kepada 136 KK, di kantor desa setempat, Rabu (20/5) sekira pukul 11.00 WIB.

Penyaluran bantuan kepada warga penerima iuran BLT tersebut disaksikan juga oleh Camat Abung Selatan, Babinsa, Babinkamtibmas dan pendamping Desa.

Dalam kesempatan itu, Camat Abung Selatan Syahrullah mengatakan, sebagai mana petunjuk dari permendes nomor 6 tahun 2020, dimana untuk menyikapi situasi pandemi covid-19 ini, Desa diminta untuk mengalokasikan anggaran dana untuk pencegahan dan penanganan covid-19, serta BLT-DD yang satu bulannya berjumlah Rp 600 ribu.

“Kalau menurut ketentuannya ini harus ditransfer melalui rekening, tetapi dengan situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan, maka kebijakan pemerintah daerah bisa disalurkan secara langsung”, jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa (Kades) Kemalo Abung Supriono menyampaikan, merujuk pada permendes nomor 6 tahun 2020 maka dana desa bisa dialokasikan untuk Bantuan Langsung Tunai sebesar Rp 600 ribu perbulan.

“Allhamdulilllah hari ini Desa Kemalo Abung, menyalurkan dana BLT-DD ke 136 warga penerima BLT,” ucap Supriono.

Dijelaskan Supriono lagi, syarat penerima BLT ini adalah bagi mereka yang tidak menerima bantuan pangan langsung tunai dan PKH serta bantuan badan sosial lainya. Jadi apabila dikemudian hari mendapat bantuan baik dari dinas sosial ataupun dari lainnya dengan kerelaan hati terpaksa kepersertaan BLT dana desa ditiadakan

“Kami bekerja dari beberapa bulan lalu dengan membentuk satu tim , intinya agar penyaluran dana BLT tepat sasaran. Mudah-mudahan dana ini dapat dipergunakan dengan baik dan berguna bagi masyarakat yang menerimanya,” ucap Supriono. (fer/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here