23 TKSK Lampura Dapat Pembekalan

38
Foto Riduan Caption : Kepala Dinsos Lampura Hi. Muhammad Erwinsyah, M.Si., saat memberikan sambutan dalam pembukaan sosialisasi dan peningkatan sumberdaya manusia TKSK, di Kantor Dinsos Setempat, Rabu (12/8)

KOTABUMI–Sebanyak 23 Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan(TKSK) Se Lampung Utara(Lampura) mendapat pembekalan dari Dinas Sosial(Dinsos) Kabupaten setempat, Rabu (12/8).

Pembekalan ini, sebagai upaya peningkatan sumber daya manusia(SDM), karena TKSK langsung terjun ke masyarakat dalam rangka pendataan dan pendampingan terhadap masyarakat yang masuk dalam kriteria penyandang masalah kesejehateraan sosial(PMKS).

Kegiatan peningkatan sumberdaya manusia TKSK ini di buka langsung oleh Kepala Dinas Sosial(Dinsos) Lampura Hi. Muhammad Erwinsyah, M.Si didampingi Sekretarisnya Adilla, Kabid Pemberdayaan Sosial Jupendra, Kabid Rehabilitasi Sosial Heri Firdaus, dan Kabid Pengembangan Sosial Nasir.

Kepala Dinsos Lampura Hi. Muhammad Erwinsyah, M.Si, menyatakan, upaya peningkatan sumberdaya manusia ini menjadi penting, karena TKSK sebagai salah satu ujung tombak dalam penyelesaian permasalahan sosial harus memiliki kemampuan yang mumpuni.”Tugas berat menunggu TKSK, sebagai insan sosial yang semestinya mensukseskan berbagai program sosial ke masyarakat yang ada di kecamatannya masing – masing,”katanya.

Erwin menambahkan, meski dengan keterbatasan anggaran yang diterima TKSK sebagai relawan pekerja sosial harus senantiasa bersemangat.”Tetap semangat TKSK dituntut mampu menjadi garda terdepan dalam penyelesaian permasalahan sosial di Lampura,”tegasnya

Dalam materi, Kabid Pemberdayaan Sosial Jupendra mengupas berbagai tugas TKSK dalam pendampingan berbagai program bantuan sosial kepada penerima manfaat. Sementara Kabid Rehabilitasi Sosial Heri Firdaus membahas soal bagaimana mengembalikan dan menstabilkan mental masyarakat yang terdampak permasalahan sosial. Sedangkan Kabid Pengembangan Sosial, Nasir membahas, upaya mendata berbagai permasalahan sosial dan memasukan datakanya dalam data terpadu kesejahteraan sosial(DTKS) melalui operator Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation(SIKS NG).

”Jadi tugas TKSK itu banyak, bukan hanya pendampingan program, tapi juga pengembangan, pendataan, dan rehabilitasi sosial,”sambut Ketua Forum Koordinasi TKSK Lampura, Sarkasi.(rid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here