Ribuan Pengusaha Kuliner Terdampak Covid-19 Bakal Dapat Bantuan

100

KOTABUMI — Sebanyak 1.333 pengusaha kuliner yang terkena dampak Covid-19 akan menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Lampung Utara(Lampura) yang di keluarkan melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM) dan Perindustrian setempat.

Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Lampura Dina Prawitarini menjelaskan, melalui APBD Pemkab Lampura akan memberikan bantuan untuk para pengusaha kuliner seperti pengusaha bakso, tekwan dan lainnya. Di Lampura sendiri ada 1.333 pengusaha yang akan menerima bantuan.

Pengajuannya sendiri bisa lewat Kelurahan dan bisa di bawa langsung ke kantor Dinas Koperasi.”Bantuan tersebut memang diperuntukan untuk pengusaha kuliner, seperti halnya bakso, jika dalam dua hari jualannya tidak laku, tentu modal untuk hari ke tiga pasti habis. Untuk itu kita berikan bantuan kepada mereka,”ujar Dina Prawitarini, Kamis(13/8).

Per usaha Mikro lanjut Dina, akan diberikan bantuan sebesar Rp 1 Juta. Bantuan tersebut akan disalurkan melalui Bank Lampung, untuk itu bagi pengusaha kuliner yang mengajukan bantuan harus memiliki rekening Bank Lampung. Saat ini pihaknya masih menunggu pengajuan rekening dari pengusaha, jika sudah selesai dalam minggu ini akan diajukan ke BPKA untuk proses pencairan.”Bantuan ini hanya diperuntukan untuk 3 Kecamatan dan 15 Kelurahan. Kalau di Desa itu nggak ada, karena mereka sudah ada BLT,”jelasnya.

Tak hanya bantuan untuk pengusaha kulener yang terkena dampak Covid-19 masih Dina, Pemerintah Pusat melalui Kementrian Koperasi memiliki program PEN(Pemulihan Ekonomi Nasional).
Bantuan sebesar Rp 2.400.000 tersebut akan diberikan kepada pelaku usaha Mikro dan Ultra Mikro. Untuk kreteria sendiri bagi Usaha Mikro harus memiliki aset maksimal sebesar Rp 50 Juta di luar tanah dan bangunan. Untuk omsetnya volume usahanya sendiri maksimal Rp 300 juta per tahun.

Sementara untuk Ultra Mikro lebih kecil dibandingkan Mikro. Selain itu, pelaku usaha juga tidak sedang menerima pinjaman dari pihak Perbankan atau lembaga keuangan.”Untuk sistem pengajuannya silakan pelaku usaha membawa datanya ke kami, nanti kami yang akan menginput lalu di kirim ke Pusat melalui link yang sudah diberikan,”paparnya.

Untuk sistem pengajuannya juga tambah Dina, bisa melalui Kelurahan dan bisa juga di bawa perorangan langsung ke kantor Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Lampura. Bantuan sendiri akan salurkan Pemerintah Pusat secara langsung ke rekening masing-masing Pengusaha dan boleh menggunakan rekening Bank manapun.”Yang memferivikasi langsung dari Pusat. Dan yang di butuhkan Nama, NiK dan jenis usahanya, Alamat, No rekening dan Nomor telepon. Bantuan ini untuk 12 Juta pengusaha se Indonesia, jadi kalau sudah 12 Juta akan di tutup pengajuannya,”pungkas Dina. (ria/fer/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here