Kunker ke Pengaringan, Camat Evril Temukan Potensi Perikanan

149
Foto Riduan Caption : Camat Abung Barat Evril Irawan(tengah), saat memantau potensi perikanan di Bendungan Way Buminabung

ABUNGBARAT – Camat Abung Barat Evril Irawan, melakukan kunjungan perdananya ke Desa Pengaringan. Di sana camat menemukan potensi perikanan yang kini dikelola masyarakat dalam bentuk kelompok usaha bersama(KUBE) di Bendungan Way Buminabung yang merupakan salah satu i-con desa setempat.

”Kita melihat banyak sekali potensi, salah satunya potensi perikanan. Alhamdulillah atas pembinaan TKSK(Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) Abung Barat, lahan tidur ini bisa dikembangkan masyarakat,”ujar Evril Irawan, Rabu (20/1).

Dikatakan, potensi yang ada saat ini tentunya menjadi kebanggaan dan dikelola warga setempat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat.”Kita akan mendorong agar daerah ini menjadi salah satu potensi perikanan di Lampura. Tentunya dengan mengusulkan berbagai program yang ada kepada dinas terkait yakni dinas perikanan,”kata dia.

Mantan kabid perikanan ini menyebut, selain perikanan daerah setempat juga dapat dimanfaatkan sebagai potensi tanaman holtikultura lainnya seperti cabai, mentimun, jagung dan tanaman lainnya. ” Kita berharap usulan yang akan disampaikan ini mendapat respon positif dari pemerintah, khususnya dinas terkait. Seperti Dinas Perikanan, Dinas Pertanian, dan pihak lainnya,” pungkasnya.

Sementara TKSK Abung Barat Sarkasi mengatakan, jika di desa setempat terdapat setidaknya eman kelompok usaha bersama(KUBE) dalam pengelolaan lahan pertanian di seputar Bendungan Way Buminabung tersebut.”Awalnya lahan tidur. Kemudian dikelola masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial mereka,”singkatnya.

Tak hanya itu, lanjut Sarkasi, TKSK telah bermitra dengan CV. Berkah Nusantara dalam upaya penghijauan di lokasi tersebut dengan menanam 1.000 bibit pohon alpukat dengan menerapkan pola budidaya penanaman tekhnologi terbaru dengan tujuan menciptakan potensi ekonomi maju di Desa Pengaringan. ”Ini upaya kita dalam rangka mempertahankan kondisi resapan air, sehingga bendungan tetap asri dan bermanfaat bagi masyarakat ke depan,”lanjutnya.(cw-sar/rid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here