Menu

Mode Gelap
Wartawan AJNN Aceh Dilaporkan ke Polisi, Ini Sikap Tegas PJS Perhimpunan Jurnalis Siber Provinsi Lampung Resmi Dibentuk P3K Bakal Tak Diusulkan Lagi Pelajar SDN Handuyangratu Masih Belajar di Eks Balai Desa Disdikbud Persiapkan SDM Dalam Era Pembelajaran Digital

Birokrasi · 12 Feb 2023 23:02 WIB ·

Identitas Kependudukan Digital Diberlakukan, Permintaan Blanko e-KTP Masih Tinggi


 Blanko e-KTP. Foto Net-- Perbesar

Blanko e-KTP. Foto Net--

KOTABUMI-Meski sudah mulai diberlakukan identitas kependudukan menggunakan Digital(telepon genggam Andorid), namun hingga saat ini peminat dan permintaan blanko KTP Elektronik(Fisik) masih tinggi.”Masih banyak yang pakai KTP Fisik karena di Perbankan dan sejumlah pelayanan masyarakat masih menggunakan KTP fisik jarang yang pakai Digital,”jelas Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lampura Perdana Putra, Minggu(12/2).

Meski sebelumnya lanjut Perdana, pihaknya sudah mendapat informasi bahwa Dirjendukcapil sudah mengeluarkan himbauan bahwa akan menggantikan Blanko KTP-Elektronik ke KTP digital, namun itu belum bisa diterapkan secara terburu-buru.

Karena banyak pertimbangan yang harus diambil jika Blanko KTP Elektronik akan di stop. Mengingat tidak semua Masyarakat di Lampura khususnya dan di Indonesia umumnya memilki telepon genggam jenis Android.

“Nggak bisa terburu-buru, nggak bisa langsung di stop. Gimana Masyarakat yang nggak punya telpon android,”kata dia.

Untuk itu tambah Perdana, sosialisasi secara berkesinambungan harus dilakukan hingga ke tingkat bawah jok program ini akan dilaksanakan.

Lalu bagaiaman jika setelah memiliki identitas kependudukan Digital lalu telepon genggam salah satu Masyarakat ada yang hilang, nah ini yang harus difikirkan juga.”Kita sudah coba sosialisasi ke Masyarakat, bahkan saat mereka perekaman sudah kita anjurkan untuk pakai Identitas Kependudukan Digital namun mereka banyak yang tidak mau.

Salah satu alasannya itu kalau hp nya hilang bagaiamana pasti repot. Lalu kalau pihak swasta minta KTP yang asli juga gimana, nah ini yang masih banyak jadi pertimbangan Masyarakat. Jadi kita harus sosialisasikan secara ekstra,”pungkasnya.(ria/her)

Artikel ini telah dibaca 40 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Peringati Hari Santri, Kemenag Gelar Berbagai Kegiatan

22 Oktober 2024 - 14:24 WIB

Ketua DPD PJS Gorontalo Diduga Diancam Pengusaha Tambang Ilegal

19 Oktober 2024 - 20:40 WIB

Buka UKW PJS Pelalawan, Ini Pesan Faisal Kadis Kominfo

17 Oktober 2024 - 20:33 WIB

PJS Kuatkan Wartawan Siber dalam Era Digital

17 Oktober 2024 - 16:48 WIB

Koperasi Angkutan Jalan Umum Indonesia Terbentuk di Lampura

17 Oktober 2024 - 13:31 WIB

Polres Lampura Suport Pelaksanaan Donor Darah PWI dan RDD

16 Oktober 2024 - 12:12 WIB

Trending di Headline