Menu

Mode Gelap
Wartawan AJNN Aceh Dilaporkan ke Polisi, Ini Sikap Tegas PJS Perhimpunan Jurnalis Siber Provinsi Lampung Resmi Dibentuk P3K Bakal Tak Diusulkan Lagi Pelajar SDN Handuyangratu Masih Belajar di Eks Balai Desa Disdikbud Persiapkan SDM Dalam Era Pembelajaran Digital

Headline · 6 Jun 2023 13:38 WIB ·

Inovasi Baru, Disdukcapil Lakukan IKD ke OPD


 Inovasi Baru, Disdukcapil Lakukan IKD ke OPD Perbesar

KOTABUMI-Berbagai inovasi jemput bola terus dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Utara (Lampura), salah satunya melakukan pembuatan Identitas Kependudukan Digital(IKD) di Organisasi Perangkat Daerah (OPD).”Kita buat Inovasi baru, mengingat IKD dapat memberikan banyak kemudahan dalam Kebijakan-kebijakan Publik yang ada. Salah satunya data Pribadi seseorang dalam genggaman,”ucap Kabid Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lampura Ferry Wijaya, kemarin(6/6).

Inovasi IKD ini lanjut Ferry, akan dilakukan secara berjenjang di tempat-tempat lain juga.
Namun memang, lokasi kantor Bupati Lampura sendiri menjadi tujuan pertama lima orang tim nya melakukan pembuatan IKD.”Pembuatan IKD di kantor Pemkab ini memang baru pertama kita lakukan. Selanjutnya setelah rampung semua akan kita sisir OPD-OPD lainnya,”papar dia.

Untuk pembuatan IKD ini sendiri masih Ferry , memang baru 6000 data dalam genggaman. Sebab pembuatan IKD sendiri masih Dinamis, dimana masih banyak Masyarakat Lampura yang memilih menggunakan Blanko dibandingkan menggunakan Android yakni Identitas Kependudukan dalam genggaman.”Syarat utamanya Masyarakat harus memiliki telepon genggam Android.
Kemudian memiliki KK dan NIK untuk kemudian akan di download kan aplikasinya.
Disitu nanti selain pemilik akunnya, orang lain tidak bisa membuka IKD seseorang, sebab itu ada kata sandinya tersendiri,”kata dia.

Dalam IKD ini sendiri, manfaat yang diberikan tidak hanya administrasi Kependudukan nya saja atau Catatan Sipilnya saja.
Tetapi juga disitu tercantum NPWP, BPJS Kesehatan dan data lainnya.”Jadi IKD banyak memberikan kemudahan bagi masyarakat,”pungkasnya.(ria)

Tim Disdukcapil saat melakukan jemput bola ke Bagian Organisasi, kemarin(6/6).

Artikel ini telah dibaca 58 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pj bupati Hadiri Harlah Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Ke -64

18 April 2024 - 20:35 WIB

Desa Pengaringan Lampura Bakal Jadi Sentra Peternakan Rakyat

18 April 2024 - 18:00 WIB

JPTP Lowong Bisa Terisi Lewat Ukom/Selter

18 April 2024 - 11:28 WIB

Cek Pelayanan Kesehatan, Aswarodi Sidak RSD Ryacudu

16 April 2024 - 15:59 WIB

Membludak, Pasca Lebaran Disdukcapil Diserbu Masyarakat

16 April 2024 - 15:56 WIB

PJS Riau Silaturahim Dengan Bupati Pelalawan Calon Penerima PJS Award 2024

16 April 2024 - 10:36 WIB

Trending di Headline