KOTABUMI-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Lampung Utara(Lampura) menggelar kegiatan
Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip dan Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi).
Kegiatan yang langsung dicanangkan oleh PJ. Bupati Lampura Hi. Aswarodi ditandai dengan pemukulan Gong di Aula Tapis Pemkab Lampura.
Hi. Aswarodi menjelaskan, Sesuai dengan Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip, bahwa gerakan ini merupakan upaya untuk membangun kesadaran semua elemen masyarakat terhadap pentingnya mengelola arsip, khususnya yang terkait dengan birokrasi pemerintah. Tujuannya adalah untuk mewujudkan pengelolaan arsip yang baik sehingga meningkatkan sistem kinerja pemerintah yang transparan dan terpercaya.”Pemkab Lampura terus berkomitmen untuk melaksanakan upaya tertib dalam pengelolaan arsip daerah ini agar penanganan, penataan, pemeliharaan dan penyusutan arsip daerah dapat berjalan sesuai dengan prosedur yang berlaku,”tutur Aswarodi, Kamis(3/10).
Aplikasi ini lanjut Aswarodi, merupakan aplikasi umum bidang kearsipan, yang dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik.
Dengan target pengguna yaitu seluruh instansi pusat dan pemerintah daerah.
Penerapan aplikasi Srikandi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kemudahan dalam pengelolaan kearsipan karena menggunakan basis digital yang dapat merekam dengan baik dan memudahkan koordinasi antar lini pemerintahan.
Aplikasi Srikandi ini merupakan salah satu komponen aspek penilaian dalam pengawasan kearsipan eksternal. Karena.”Mudah-mudahan, dengan diadakannya sosialisasi ini dapat semakin menambah semangat dari kita semua, dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan,”harapnya.
Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Lampura Sri Mulyana menjelaskan, Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) merupakan upaya membangun kesadaran semua elemen Masyarakat terhadap pentingnya mengelola Arsip, khususnya yang terkait dengan Birokrasi Pemerintah.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan system kinerja pemerintah yang transparan, akuntabel dan terpercaya.
Kemudian terwujudnya pengelolaan arsip, keselamatan aset Daerah
dan meningkatkan kesadaran semua elemen birokrasi Pemkab Lampura.”Aplikasi Srikandi merupakan wujud dari pelaksanaan Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) untuk sinergitas antara Pemerintah dan Masyarakat dalam rangka penyelenggaraan kearsipan nasional.
Khususnya dibidang Pengelolaan Kearsipan untuk membantu proses digitalisasi persuratan dan kearsipan dinamis,”papar One panggilan akrab Sri Mulyana.
Tujuan Aplikasi Srikandi tambah One, adalah untuk mempercepat pekerjaan meningkatkan produktivitas, efektifitas, mempermudah pekerjaan serta bisa berkomunikasi internal maupun lintas Lembaga. Penggunaan Aplikasi SRIKANDI sebagai bentuk peningkatan kualitas dalam bidang kearsipan.
Mengingat keterbatasan Anggaran dan SDM pada tahun 2024 ini Pengawasan kearsipan baru bisa dilaksanakan pada 9 Perangkat Daerah.
Dari sembilan Perangkat daerah tersebut diberikan penghargaan terhadap tiga Perangkat Daerah terbaik dalam Pengelolaan Arsip di Lingkungan Pemkab Lampura.
Ini semua merupakan hasil Pengawasan Kearsipan Internal yang dilakukan oleh Tim Pengawasan Kearsipan Kabupaten Lampung Utara yang sudah diverifikasi oleh Tim Pengawasan Kearsipan Provinsi Lampung.”Pemberian penghargaan ini menjadi motivasi bagi perangkat daerah yang belum kami lakukan pengawasan yang akan dilaksanakan di tahun berikutnya,”pungkasnya.
Selain dilakukan pemukulan Gong oleh PJ. Bupati Lampura dan pemberian Penghargaan kepada OPD terbaik dalam pengelolaan Arsip juga dilakukan Penandatanganan Komitmen Bersama Gerakan Sadar Tertib Arsip (GNSTA) sebagai bentuk keseriusan dan kesepakatan seluruh Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Utara untuk melakukan penanganan, penataan, pemeliharaan dan penyusutan terhadap arsip yang telah tercipta sesuai prosedur yang berlaku.(ria)