4 SMPS di Lampura Siap Ikuti UNBK

69

KOTABUMI-Sebanyak empat Sekolah Menengah Pertama Swasta(SMPS) di Kabupaten Lampung Utara(Lampura), siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer(UNBK).
Kepala Seksi(Kasi) SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan(Disdibud) Lampura, Merlyn Sofia mewakili Kepala Disdikbud Suwandi mengatakan, tahun 2018 terdapat empat sekolah yang akan melaksanakan UNBK.

Untuk jadwal Simulasi UNBK dan Ujian Berbasis Kertas dan Pensil(UNKP) pertama dalam pendataan sekolah secara serentak mulai 1-30 Januari 2018. Kemudian, simulasi kedua akan diadakan tanggal 14-15 Februari 2018 mendatang.

UNBK sendiri adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan sistem komputerisasi sebagai media ujiannya. Dalam hal ini, pelaksanaan UNBK berbeda dengan sistem UNKP yang menggunakan kertas. ” Untuk SMP, kita tahun ini ada empat sekolah yang siap mengikuti UNBK, itu dari SMP Swasta. Dan untuk MTs itu ada tiga sekolah, tapi rata-rata untuk yang swasta 100 persen sudah siap semua mengikuti UNBK,”tutur Merlyn, Minggu(28/1).

Dikatakan Merlyn, ke empat SMP Swasta itu yakni, SMP Prima, SMP Insan Robani, SMP Xaverius dan SMP Kemala Bhayangkari Kotabumi. Sedangkan untuk tingkat SMP Negeri dikuasai Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1, 2 dan MTs Negeri 3.”Untuk tahun 2019, kita target 50 persen SMP sederajat siap mengikuti UNBK. Karena dari data Dapodik yang ada di Disdikbud Lampura ada 109 SMP baik Negeri/Swasta yang terdata. Sementara untuk SMP Negeri kita belum ada yang siap ikut UNBK. Hal itu disebabkan belum lengkapnya fasilitas untuk mengikuti UNBK,”jelasnya.(ria/rid)

Selengkapnya,baca edisi cetak 29 Januari 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here