Seni Bonsai, Dapat Ciptakan Peluang Usaha

24
Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara, Hj.Endah Kartika Prajawati Agung,S.STP, M.H meninjau Pameran dan Bazar Bonsai yang digelar Komunitas Pemuda dan Pecinta Bonsai Candimas (KPPBC)

KOTABUMI–Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara, Hj.Endah Kartika Prajawati Agung,S.STP, M.H, menghadiri Pembukaan Pameran dan Bazar Bonsai bersama Komunitas Pemuda dan Pecinta Bonsai Candimas (KPPBC), di Yayasan Dian Cipta Cendikia (DCC) Candimas Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara (Lampura) Kamis (26/09). Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT TNI ke 74, yang mengambil tema “Perangi Narkoba Dengan Mengenal Seni Bonsai”.  .

Turut hadir para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Utara, Camat Abung Selatan, para Pengurus TP-PKK Kabupaten Lampung Utara, Ketua Perguruan Tinggi DCC Kotabumi dan  Ketua KPPBC.

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Lampura, menyampaikan  apresiasi kepada segenap Pengurus Komunitas Pemuda dan Pecinta Bonsai Candimas (KPPBC), yang menyelenggarakan Pameran dan Bazar Bonsai.
Menurutnya, dengan menggemari bonsai, selain dapat menciptakan keindahan dan keasrian lingkungan atau taman. Sekaligus merupakan peluang usaha ekonomi kreatif bagi masyarakat. “Ini adalah salah satu wujud nyata usaha kita bersama, dalam memberdayakan kaum muda untuk turut mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahteraan keluarga, yang tentu akan berpengaruh pula pada pertumbuhan perekonomian daerah.” ujarnya.

Endah berharap, event pameran dan bazar bonsai  tersebut  dapat lebih menambah kemajuan dan kegairahan terhadap kecintaan bonsai di Kabupaten Lampura.  Dengan begitu dapat menciptakan peluang usaha baru, terutama bagi pemuda, serta mengubah pemikiran dan paradigma bagi pemuda yang mungkin diidentikan dengan perilaku negatif menjadi pemuda yang positif.

Endah menambahkan,  bila melihat keindahan tanaman bonsai, maka yang ada dibenak adalah kekaguman  terhadap keuletan dalam merawat dan mengkerdilkan tanaman hias. Dengan membentuk, menata, dan mengolah sedemikian rupa, maka tanaman hias ini memiliki unsur-unsur keindahan yang dapat dinikmati oleh indrawi manusia.

“Kerja keras dari para pemuda  dalam memelihara bonsai dengan penuh kasih sayang, sabar, tekun, ulet, dan rasa seni yang tinggi, serta berusaha menjaga agar tanaman tersebut tetap subur, sehat, dan segar, telah menjadikan pribadi pemuda menjadi pemuda yang memiliki daya guna dimasyarakat. Mudah-mudahan, apa yang telah dilakukan  para pemuda yang tergabung dalam KPPBC ini, dapat memberikan contoh yang baik bagi pemuda lainnya, sehingga Kabupaten Lampura dapat semakin makmur dan sejahtera.”Pungkasnya.

Ditempat yang sama Eka Wijaya, SE selaku ketua panitia menyampaikan dengan menyukai seni dapat mengurangi tindakan negatif dalam kehidupan. (ria/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here