Eks Mushola di’Sulap’ Jadi Perpustakaan Kabupaten

56
Foto IST Kepala DPP dan PA dr. Hj. Maya N Manan bersama Kepala DPMPTSP Srimulyani dan Kepala DPAD saat menunjukkan buku yang ada di Perpustakaan Kabupaten, Senin (3/8).

KOTABUMI–Untuk menambah wawasan Masyarakat Kabupaten Lampung Utara(Lampura), Dinas Perpustakaan Arsip Daerah(DPAD) menyulap eks Mushola di kantor Pemkab Lampura menjadi Perpustakaan Kabupaten.

Plt. Kepala DPAD Lampura Indralina menjelaskan, sebelumnya gedung perpustakaan akan dilokasikan di Taman Sahabat. Namun karena gedungnya belum selesai, pihaknya rapat bersama dan memutuskan eks Mushola yang akan dijadikan Perpustakaan Kabupaten.
Setelah lokasi didapat pihaknya langsung membersihkan dan merapihkan eks Mushola yang berada tepat di sebelah kantor DPAD.”Alhamdulillah kita benahi dan sudah mulai tertata rapih. Memang ini belum Launching, namun dalam minggu ini akan kita buka untuk umum,”ujar Indralina, Senin (3/8).

Dikatakan Indralina, saat ini anak-anak sekolah sedang melaksanakan Daring, jika ada buku yang diperlukan untuk membantu mereka belajar, anak-anak bisa meminjam buku di perpustakaan.”Kita ingin perpusatakaan kita ini hidup. Dengan hidupnya perpustakaan Kabupaten ini wawasan Masyarakat bisa lebih bertambah,”harapnya.

Pembukaan perpustakaan Kabupaten ini lanjut Indralina, harus menggunakan protokol kesehatan.
Mulai dari menyiapkan cuci tangan dan sabun, memakai masker dan harus menjaga jarak.
Sebelumnya banyak anak sekolah dan mahasiswa yang datang untuk meminjam buku, untuk itu pihaknya bergerak cepat mencari lokasi.

Di Perpustakaan Kabupaten Lampura ada sekitar 15000 buku.
Mulai dari buku Agama, anak-anak, buku tentang sejarah, buku tentang kesehatan, pendidikan, Undang-undang dan buku lainnya.

Untuk itu jika Masyarakat ingin menjadi anggota Perpustakaan dan mendapat kartu harus mengisi formulir yang telah disediakan petugas.
Lalu membawa KTP, Kartu Pelajar atau Kartu Mahasiswa dan membawa pas Foto.”Kegunaan kartu Perpustakaan sendiri ini untuk memudahkan Masyarakat untuk meminjam buku. Karena syarat untuk meminjam buku harus memiliku kartu,”paparnya.

Terpisah Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak(DPP dan PA) Kabupaten Lampura dr. Hj. Maya N Manan saat berkunjung ke Perpustakaan Kabupaten menjelaskan, maksud dan tujuan ia datang ke Perpustakaan Kabupaten yakni untuk menjadi anggota perpustakan sekaligus mengajak masyarakat khusuanya anak-anak untuk mulai senang membaca buku, baik buku pendidikan maupun buku cerita.

“Berbagai macam buku bisa kita dapatkan di perpustakaan dan untuk menjadi anggota pun syaratnya tidak susah hanya membawa fotocopy KTP, pas foto 2×3 dua lembar dan mengisi formulir.
Kita bisa pinjam buku dua buah untuk dibawa pulang dengan waktu 3 hari dan ini memudahkan kalau kita ada tugas,”pungkasnya.(ria/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here