Destinasi Wisata di Lampura Harus Miliki Pokdarwis

29
Foto Kadispora Lampura H. Imam Hanafi.

KOTABUMI-Untuk memajukan sektor wisata dan memudahkan untuk mendapatkan bantuan baik dari Provinsi maupun Pemerintah Pusat.
Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Lampung Utara(Lampura) H. Imam Hanafi mengintruksikan agar seluruh Destinasi Wisata memiliki Kelompok Sadar Wisata(Pokdarwis).”Sejauh ini baru ada lima Destinasi Wisata yang memiliki Pokdarwis. Untuk itu saya himbau seluruh Destinasi Wisata untuk segera membentuk Pokdarwis tersebut,”himbau Imam Hanafi, Rabu (20/1).

Sebelumnya penerapan Pokdarwis belum berjalan secara maksimal, untuk itu di awal tahun 2021 ini pihak Dispora akan memaksimalkan Pokdarwis.
Salah satunya mengunjungi pengelola tempat wisata dan melakukan pembinaan terhadap destinasi wisata sesuai dengan Rencana Induk pengembangan pariwisata daerah, meski pariwisata tersebut milik Badan usaha Milik Desa(BUMDes).

Sehingga nantinya setelah di bukanya pembinaan terhadap Destinasi Wisata, Pendapatan yang diperoleh dari para Pengunjung yang datang itu sebagian akan disisihkan untuk menambah Pendapatan Asli Daerah(PAD).”Saat ini kita masih konsen buka terlebih dahulu dan membentuk Pokdarwis. Jika semua sudah berjalan, Insyaallah sumbangsihnya untuk peningkatan PAD kita,”ucapnya.

Tak hanya itu saja, untuk memberikan kenyamanan, keamanan dan ketertiban kepada Masyarakat yang berkunjung ke Destinasi Wisata, pihaknya juga berkoordinasi dengan Polsek-polsek dan Danramil.
Untuk memajukan Pariwisata tambah Imam, tidak hanya tempatnya saja yang harus dibenahi, namun infrastruktur juga menjadi salah satu hal utama yang harus dibenahi.
Jika infrastruktur jalan menuju Destinasi Wisata bagus, tentu Masyarakat tidak akan ragu untuk berkunjung.

Kemudian keamannya harus diciptakan dan dijaga dengan baik. Tidak hanya dari TNI dan Polrinya saja, namun dari Masyarakatnya juga.”Saya berharap seluruh elemen Masyarakat bisa mendukung program Pemerintah dalam memajukan Destinasi Wisata yang ada di Lampura. Dan kepada Kepala Desa yang memiliki destinasi wisata BUMDes agar segera membuat izin operasional,”himbaunya.(ria/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here